Iklan

Iklan

Alya N

01 September 2021 09:43

Pertanyaan

pada proses fotosintesis dihasilkan karbohidrat Bagaimana cara untuk membuktikan bahwa fotosintesis menghasilkan karbohidrat jelaskan


250

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

S. Al

09 Maret 2022 13:24

Jawaban terverifikasi

Halo Alya, Kakak bantu jawab ya. Fotosintesis adalah proses pemanfaatan energi dari cahaya matahari untuk pembentukan makanan berupa karbohidrat dan menghasilkan oksigen. Cara untuk membuktikan bahwa fotosintesis menghasilkan karbohidrat adalah dengan melakukan percobaan Sach. Percobaan sach dilakukan dengan menutup daun menggunakan kertas perak pada dini hari sebelum matahari terbit. Selanjutnya pada sore hari, kertas perak yang menutup daun dicabut dan daun diberi tetesan lugol. Hasil dari percobaan ini adalah mendapatkan daun dengan profil warna yang berbeda setelah diberikan lugol yaitu area daun yang tidak ditutup kertas perak akan berwarna hitam yang menjadi tanda adanya reaksi antara amilum (hasil fotosintesis) dan juga lugol. Sedangkan area yang ditutupi oleh kertas perak akan berwarna putih pucat sebagai pertanda kurangnya kadar amilum yang dihasilkan. Walaupun tujuan utama dari percobaan Sach adalah melihat pengaruh sinar matahari pada proses fotosintesis, percobaan ini juga dapat membuktikan adanya amilum sebagai hasil fotosintesis yang dibuktikan dengan perubahan warna daun setelah ditetesi larutan lugol. Semoga jawabannya membantu ya!


Iklan

Iklan

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Berikut ini yang menjadi contoh reaksi yang dihasilkan pada respirasi anaerob atau fermentasi adalah …* 2 poin A. Laktase diproduksi oleh bakteri yang dapat mengubah laktosa (gula susu) menjadi asam laktat. B. Laktase diproduksi oleh laktosa (gula susu) menjadi asam laktat. C. Bakteri mengubah asam laktat menjadi laktase. D. Bakteri mengubah laktase menjadi laktosa (gula susu). E. Asam laktat diubah oleh bakteri untuk menjadi laktosa (gula susu).

56

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan