Perada E

26 Januari 2023 14:22

Iklan

Iklan

Perada E

26 Januari 2023 14:22

Pertanyaan

Pada gambar di atas, titik B' adalah bayangan titik B pada refleksi terhadap garis PQ, dimana AB' memotong PQ di S. c. Mengapa lintasan (rute) A → S → B merupakan rute terpendek dari A ke B yang melalui titik pada garis PQ?

alt

2

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Y. Frando

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

05 September 2023 07:38

Jawaban terverifikasi

<p>Jawaban yang benar adalah karena jarak tempuh total A → S → B paling kecil nilainya.</p><p>&nbsp;</p><p>Jawab:</p><p>Jarak dan perpindahan memiliki makna yang berbeda meskipun satuannya sama yaitu meter.</p><p>(i). Jarak adalah total panjang lintasan yang ditempuh suatu benda. Jarak termasuk besaran skalar, yang dirumuskan oleh:</p><p>&nbsp;</p><p>s total = s1 + s2 + s3 + ....</p><p>&nbsp;</p><p>(ii). Perpindahan adalah perubahan kedudukan benda dari posisi semula. Perpindahan termasuk besaran vektor, sehingga arah memengaruhi nilai besarannya. Secara umum pada bidang satu dimensi perpindahan dirumuskan oleh:</p><p>&nbsp;</p><p>Δs = s akhir - s awal.</p><p>&nbsp;</p><p>Keterangan:</p><p>s = jarak tempuh (m)</p><p>s awal = posisi awal benda (m)</p><p>s akhir = posisi akhir benda (m).</p><p>&nbsp;</p><p>Berdasarkan gambar, A → S → B merupakan rute terpendek dari A ke B karena jarak tempuh total pada rute tersebut bernilai paling kecil/pendek yaitu:</p><p>s<sub>total</sub> = s<sub>A → S</sub> + s<sub>S → B</sub>.</p><p>&nbsp;</p><p>Jika menempuh rute lain, misalkan A → S → Q → B, maka terdapat tambahan rute ke titik Q sehingga jarak tempuh totalnya semakin panjang/besar.&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>Jadi, lintasan (rute) A → S → B merupakan rute terpendek dari A ke B yang melalui titik pada garis PQ karena jarak tempuh total A → S → B paling kecil nilainya.</p>

Jawaban yang benar adalah karena jarak tempuh total A → S → B paling kecil nilainya.

 

Jawab:

Jarak dan perpindahan memiliki makna yang berbeda meskipun satuannya sama yaitu meter.

(i). Jarak adalah total panjang lintasan yang ditempuh suatu benda. Jarak termasuk besaran skalar, yang dirumuskan oleh:

 

s total = s1 + s2 + s3 + ....

 

(ii). Perpindahan adalah perubahan kedudukan benda dari posisi semula. Perpindahan termasuk besaran vektor, sehingga arah memengaruhi nilai besarannya. Secara umum pada bidang satu dimensi perpindahan dirumuskan oleh:

 

Δs = s akhir - s awal.

 

Keterangan:

s = jarak tempuh (m)

s awal = posisi awal benda (m)

s akhir = posisi akhir benda (m).

 

Berdasarkan gambar, A → S → B merupakan rute terpendek dari A ke B karena jarak tempuh total pada rute tersebut bernilai paling kecil/pendek yaitu:

stotal = sA → S + sS → B.

 

Jika menempuh rute lain, misalkan A → S → Q → B, maka terdapat tambahan rute ke titik Q sehingga jarak tempuh totalnya semakin panjang/besar. 

 

Jadi, lintasan (rute) A → S → B merupakan rute terpendek dari A ke B yang melalui titik pada garis PQ karena jarak tempuh total A → S → B paling kecil nilainya.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Dari himpunan pasangan berurutan berikut.manakah yang kemungkinan merupakan ko- respondensi satu-satu? a. {(1, 1), (2, 2), (3, 3), (4,4)} b. {(1, 2), (2, 3), (3, 4). (4,5)} c. {(2,7). (4,8). (6,9). (8,7)} d. {(3.4), (5,7). (7, 9). (9,6)}

82

1.0

Jawaban terverifikasi