Lily S

09 April 2022 17:04

Iklan

Iklan

Lily S

09 April 2022 17:04

Pertanyaan

Mid, kamu keliru. Para ulama seperti Sunan Bonang, Sunan Kalijaga, dan sebagainya, bahkan akusendiri misalnya, tak pernah lupa mengajari orang untuk bersembahyang. Bukan hanya mengajarkan bacaan dan tata caranya, melainkan juga, dan in yang paling penting, mengajari jiwa agar setiap orang bisa mewajibkan diri mereka sendiri untuk bersembahyang. "Ya, sembahyang adalah kewajiban yang datang dari Tuhan untuk setiap pribadi yang percaya. Ya. Kewajiban sembahyang tidak datang dari seseorang untuk orang lainnya. Maka Secara pribadi aku tak berani mewajibkan apa-apa kepada orang lain karena aku juga tak mungkin memberinya pahala, tak pula berhak menghukumnya. Lalu bagaimana dengan si Suyud yang seakan-akan mau mewajibkan suatu yang menjadi hak Allah, yaitu sembahyang, kepada orang lain?" Aku menarik napas panjang dan membiarkan Kiai Ngumar istirahat. Orang tua itu sudah bercakap panjang-lebar tentang sesuatu yang baru kuketahui dan kukira sangat penting. Dalam hati aku memuji keluasan pandangan kiai bekas tokoh SI itu. Bahkan sebenarnya aku tak pernah mengira, dalam diri Kiai Ngumar tersimpan pengalaman serta pengetahuan yang demikian luas. Amanat dalam kutipan cerita tersebut adalah . . . A. Menghormati keberadaan orang yang lebih tua. B. Memahami kesedihan yang dirasakan orang lain. C. Memberikan nasihat kebaikan kepada orang lain. D. Menggali ilmu pengetahuan dari orang yang lebih tua. E. Memuji kepintaran yang dimiliki orang lain.


183

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

M. Agus

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Ganesha

06 Agustus 2022 13:08

Jawaban terverifikasi

Jawabannya adalah D. Menggali ilmu pengetahuan dari orang yang lebih tua. Amanat adalah pesan yang ingin disampaikan oleh penulis kepada pembaca. Untuk mengetahui amanat maka kita harus membaca terlebih dahulu isi teks kemudian menganalisis pesan yang terdapat pada cerita tersebut. Amanat dari cerita di atas adalah menggali ilmu pengetahuan dari orang yang lebih tua. Hal ini terlihat dari tokoh aku yang berbincang dengan Kiai Ngumar. Selain itu, tokoh aku memuji keluasan pandangan kiai yang dibuktikan dari kalimat "Bahkan sebenarnya aku tak pernah mengira, dalam diri Kiai Ngumar tersimpan pengalaman serta pengetahuan yang demikian luas". Oleh karena itu, jawabannya D.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Assalamu’alaikum Wr. Wb Yang kami hormati bapak dan ibu serta para hadirirn sekalian yang berbahagia. Puji syukur kita sanjungkan kehadirat Allah swt, karena dengan limpahan dan karunia-Nya kita bisa berkumpul di sini. Salawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan Nabi besar Muhammad saw, karena beliau menyiarkan agama yang haq, yakni agama islam, agama yang diridai oleh Allah swt. Semoga kita sekalian termasuk ke dalam umat-Nya yang diberkahi. Amin ya rabbal alamin. Hadirin sekalian yang berbahagia! Dirasa amat penting sekali jiwa sosial untuk diterapkan di lingkungan keluarga, sanak saudara, bahkan juga di masyarakat luas. Karena dengan jiwa sosial, maka terjalinlah di antara kita saling tolong-menolong, dan kasih sayang. Sehngga orang-orang yang butuh akan pertolongan kita, akan mendapatkan haq-Nya. Perhatikan kalimat berikut! Puji syukur kita sanjungkan kehadirat Allah swt, karena dengan limpahan karuniaNya kita bisa berkumpul di sini. Kalimat tersebut termasuk …. A. salam pembuka B. ucapan terima kasih C. pengenalan topik D. tema E. judul

775

0.0

Jawaban terverifikasi