Eka W

08 Agustus 2020 04:30

Iklan

Iklan

Eka W

08 Agustus 2020 04:30

Pertanyaan

metode penghitungan pendapatan nasional


70

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

M D

09 Agustus 2020 15:18

Jawaban terverifikasi

ada 3 metode perhitungan pendapatan nasional -pendekatan produksi rumus: y=(q1xp1)+(q2xp3)+.. .(qnxpn). -pendekatan pendapatan rumus : y=w+r+i+p -pendekatan pengeluaran rumus: PDB=c+i+g+(x-m) maaf kalo salah!


Iklan

Iklan

R. Anggriani

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Malang

30 Desember 2021 15:20

Jawaban terverifikasi

Halo Ewa W, kakak bantu menjawab ya :) Jawaban: Metode perhitungan pendapatan nasional dibagi menjadi tiga, yaitu metode produksi, metode pengeluaran dan metode penerimaan. Pembahasan: Pendapatan nasional merupakan jumlah pendapatan seluruh pelaku ekonomi yang ada di 1 negara dalam kurun waktu tertentu. Metode perhitungan pendapatan nasional dibagi menjadi tiga, yaitu: a. Metode produksi. Metode produksi, menghitung pendapatan nasional dengan menjumlahkan nilai pasar dari seluruh barang dan jasa yang dihasilkan oleh berbagai sektor di dalam perekonomian negara dalam periode tertentu. Satu periode biasanya dalam kurun waktu 1 tahun.. Pendapatan nasional menurut metode produksi dapat dirumuskan sebagai berikut. Y= (Q1xP1)+(Q2xP2)+(Q3xP3) + . . . . (QnxPn) Y : pendapatan nasional Q : jumlah barang yang diproduksi P : harga barang b. Metode pengeluaran. Metode pengeluaran, menghitung pendapatan nasional dengan cara menjumlahkan seluruh pengeluaran yang dilakukan seluruh pelaku ekonomi di dalam suatu negara selama periode tertentu. Lamanya satu periode biasanya satu tahun. Pendekatan pengeluaran dapat dicerminkan dalam rumus sebagai berikut. Y=C+I+G+(X-M) Y : pendapatan nasional C : konsumsi masyarakat G : pengeluaran pemerintah X : ekspor M : impor c. Metode pendapatan atau penerimaan. Metode pendapatan, menghitung pendapatan nasional dengan menjumlahkan seluruh penerimaan yang diterima para pemilik faktor produksi di dalam suatu negara selama periode tertentu . Lamanya satu periode biasanya satu tahun. Pendekatan pendapatan atau penerimaan dapat dicerminkan dalam rumus sebagai berikut. Y = w + r + i + p Y : pendapatan nasional w : upah atau gaji r : sewa i : bunga modal p : laba usaha Terima kasih telah bertanya di Roboguru. Semoga penjelasan ini dapat membantu belajar kamu :) Salam semangatt!!


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

fungsi distribusi APBN adalah...

6

0.0

Jawaban terverifikasi

1. Pak Tatang pegawai tetap di PT. Sejahtera dengan gaji sebulan Rp 10.000.000. PakTatang sudah menikah dan mempunyai anak 2. PT. Sejahtera masuk programjamsostek, premi jaminan kecelakaan kerja dan premi jaminan kematian dibayar olehpemberi kerja sebesar 1% dan 0,5% dari gaji. Pak Tatang membayar iuran pensiundan jaminan hari tua sebesar Rp 50.000 dan 30.000. Hitung PPh pasal 21 tiapbulannya !2. Peredaran bruto PT Abadi tahun pajak 2012 sebesar Rp 6.000.000.000,00 denganpenghaislan kena pajak Rp 550.000.000.000,00. Hitung PPh terutangnya !

5

0.0

Lihat jawaban (1)