Iklan

Iklan

Agung S

22 Desember 2021 05:47

Pertanyaan

Menurut pendapat anda, apakatan penjelajahan samudra yang dilakukan oleh Bangsa Barat berhasil dan sesuai dengan semboyan 3G (glory, gospel, gold?)


59

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

P. Rafika

Mahasiswa/Alumni Universitas Indonesia

04 Januari 2022 06:52

Jawaban terverifikasi

Hai Agung S., kakak bantu jawab ya. Semboyan 3G yang mendorong penjelajahan samudera bangsa Eropa, berhasil dan dilaksanakan sesuai dengan semboyan tersebut. Untuk lebih detailnya, yuk simak penjelasan berikut. Penjelajahan samudera oleh bangsa Eropa dimulai sejak abad ke-15, motivasinya yaitu menjalankan gold(kekayaan), glory (kemenangan), dan gospel (penyebaran agama). Meskipun, ketiga motivasi tersebut dikenal bagi Portugis dan Spanyol, khususnya membawa misi penyebaran agama. Adapun definisi ketiga semboyan tersebut, yaitu: 1. Gold: motivasi untuk mengumpulkan emas perak, serta bahan tambang lainnya yang mendatangkan keuntungan. Bangsa Eropa berhasil mendapatkan keuntungan dari penjualan hasil rempah-rempah. 2. Glory: keinginan untuk meraih kemenangan dan kejayaan. Dalam hal ini bangsa tersebut ingin berkuasa di wilayah yang baru didatangi. Kemenangan yang dimaksud adalah berhasil menguasai kerajaan lokal ditempat yang mereka datangi. Misalnya, Portugis awalnya berhasil menjalin kerjasama dengan Kesultanan Ternate, kemudian mulai mencampuri urusan internal Kesultanan Ternate. 3. Gospel: Portugis dan Spanyol menjalankan tugas suci dari Gereja untuk menyebarkan agama di wilayah yang didatangi. Salah satu wilayah yang berhasil disebarkan Kristen Katolik adalah Timor-Timur (saat ini dikenal negara Timor Leste). Hingga saat ini, Timor Timur mayoritas penduduknya beragama Kristen Katolik. Begitu juga dengan Filipina yang dikuasai oleh Spanyol, mayoritas penduduknya beragama Kristen Katolik. Berbeda dengan Belanda, motif menyebarkan agama bertujuan untuk menghapuskan sisa kebudayaan Portugis pada masyarakat di nusantara. Belanda yang menganut agama Kristen Protestan baru menggencarkan Kristenisasi pada 1623. Berdasarkan pemaparan di atas, maka penjelajahan samudera bangsa Eropa berhasil mewujudkan semboyan gold, glory, gospel. Semoga membantu ya


Iklan

Iklan

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Pengaruh yang muncul dibidang ekonomi mempunyai dampak yang cukup besar di Indonesia. Sebutkan akibat pengaruh hubungan dagang antara India dan Cina terhadap Indonesia?

14

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan