Rika N

02 April 2020 17:03

Iklan

Iklan

Rika N

02 April 2020 17:03

Pertanyaan

mengapa setiap negara didunia saling mengadakan kerja sama ekonomi dengan negara lain ?


24

3

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

M. Yolanda

Mahasiswa/Alumni Universitas Indonesia

28 Desember 2021 02:53

Jawaban terverifikasi

Hi Rika, kakak bantu jawab yaa Pembahasan: Kerja sama ekonomi yang dilakukan oleh suatu negara dengan negara lain dengan alasan supaya dapat menciptakan hubungan yang saling menguntungkan atau sering disebut juga dengan kerjasama ekonomi internasional. Dimana kerjasama ekonomi internasional ini memiliki dampak yang sangat penting bagi kemajuan negara. Dengan saling bekerjasama, berorganisasi antar negara dapat menciptakan iklim kerjasama ekonomi antar negara, dengan begitu dapat mempercepat pertumbuhan dan kestabilan ekonomi negara tersebut. Terdapat manfaat lainnya dari kerjasama ekonomi internasional antara lain: 1. Meningkatkan Pendapatan Negara TKI (Tenaga Kerja Indonesia) dan kegiatan ekspor merupakan contoh manfaat kerjasama ekonomi antar negara. Kedua contoh tersebut berperan penting dalam meningkatkan pendapatan negara dalam bentuk devisa. Devisa yang terus bertambah akan bermanfaat bagai percepatan pembangunan, pembayaran utang luar negeri, dan semakin meningkatnya pertumbuhan ekonomi. 2. Menjaga Kestabilan Harga dalam Negeri Dengan cara melakukan impor jika produksi dalam negeri lebih sedikit dari permintaan tentu akan terjadi kenaikan harga. Tujuannya adalah untuk memenuhi permintaan dalam negeri, ketersediaan barang akan menjaga harga relatif stabil dan murah. 3. Memperluas Ketersedian Lapangan Kerja Kerjasama ekonomi internasional akan membuka pasar ekspor. Permintaan ekspor yang terus bertambah maka akan menciptakan lapangan kerja baru. Ketersediaan lapangan kerja akan meningkat seiring dengan tingginya permintaan ekpor, karena salah satu faktor yang menentukan tingkat kelancaran produksi yang terus meningkat adalah sangat bergantung pada adanya jumlah tenaga kerja yang cukup disamping kebutuhan akan ketersediaan barang baku. 4. Mempercepat Pembangunan Nasional Salah satu langkah yang digunakan Indonesia untuk mempercepat pembangunan nasional adalah dengan meminjam dana dari Bank Dunia. Dengan pinjaman tersebut Indonesia dapat membuka banyak pelabuhan baru, bandara baru, dan tol laut antar pulau. Hal ini ditujukan untuk mempercepat proses distribusi dan mempermudah jangkauan, sehingga semua masyarakat bisa merasakan pemerataan pembangunan nasional. 5. Alih Teknologi Kerjasama ekonomi internasional mendorong masuknya teknologi memberikan kesempatan untuk mempelajari dan menguasai teknologi tersebut. Dimana kondisi ini akan menciptakan para ahli di bidang teknologi. Semoga bisa membantu yaa, have a nice day!


Iklan

Iklan

Suci R

03 April 2020 03:36

Oleh karena setiap negara tidak dapat mencukupi kebutuhan dalam negeri sendiri sehingga memerlukan kerja sama dalam bidang ekonomi dengan negara lain. Dengan kerja sama ekonomi internasional, barang dan jasa yang tidak dapat diproduksi dalam negeri dapat diperoleh dari negara lain.


Syarnila P

07 April 2020 05:40

Dikarenakan belum tercukupinya kebutuhan yg ada di dalam negri tersebut Nah dengan adanya kerja sama antar negara dengan begitu kebutuhan yg ada di setiap negara akan tercukupi dengan cara melakukan kegiatan Ekspor dan impor


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

coba jelaskan kembali lembaga kerja sama internasional di bidang keuangan yang world bank

2

0.0

Jawaban terverifikasi