Tantii T

05 Februari 2020 09:47

Iklan

Iklan

Tantii T

05 Februari 2020 09:47

Pertanyaan

Mengapa setelah berhasil melakukan pengeboman pengeboman Pearl Harbour tahun 1941, gerakan Jepang menuju Asia, termasuk Indonesia tidak bisa terbendung?


46

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

F. Afud

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

31 Desember 2021 17:56

Jawaban terverifikasi

Hai Tantii T, Kakak bantu jawab ya. Jepang dapat mudah menaklukan Asia dan Indonesia karena situasi di Eropa dan strategi perang yang digunakan oleh Jepang. Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut. Pada 7 Desember 1941. Serangan Jepang berhasil melemahkan kekuatan Sekutu. Dengan cepat, Jepang mengambil alih wilayah jajahan Sekutu di Asia, termasuk Hindia Belanda (Indonesia). Jepang dengan mudah dapat mengambil alih Asia termasuk Indonesia karena negara-negara Eropa pada saat itu sedang dalam penjajahan Nazi Jerman termasuk negara Belanda. Maka dengan lemahnya negara-negara kolonial Eropa, Jepang segera memanfaatkan situasi tersebut dengan langsung menyerang jajahan Eropa di Asia termasuk Indonesia. Hindia-Belanda sendiri meskipun telah membentuk pakta pertahanan ABDACOM (American British Dutch Command) tidak mampu membendung serangan Jepang yang kilat, hal tersebut dikarenakan konsentrasi pertahanan terlalu fokus di pulau Jawa saja sedangkan pulau-pulau lainnya seperti Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara tidak memiliki pertahanan yang memadai. Selain itu para pasukan KNIL (Tentara Kerajaan Hindia Belanda) tidak terlalu terlatih dan memiliki moral perang yang tinggi seperti tentara Jepang.


Iklan

Iklan

ROR D

06 Juni 2023 03:34

Masuk dan kedatangan tentara jepang disambut baik oleh rakyat Indonesia karena dipandang sebagai…… * 4 poin Mahluk tuhan Kekuatan pembebas Kekuatan abadi Kekuatan militer Tenaga power


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

sebutkan akibat pelaksanaan politik liberal bagi rakya indonesia

8

5.0

Jawaban terverifikasi