Iklan

Iklan

Denara A

08 Oktober 2021 10:58

Pertanyaan

Mengapa pola dominasi cenderung mengarah pada pola pluralisme, sedangkan pola akulturasi dan paternalisasi cenderung lebih mengarah pada pola integritas?


48

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

M. Rahmi

24 Oktober 2021 05:51

Jawaban terverifikasi

Halo Denara A, Pertanyaan kamu termasuk dalam Topik Pengaruh Interaksi Sosial Budaya dalam Masyarakat Plural Kelas 8 SMP. Dominasi merupakan kondisi hubungan sosial ketika ada beberapa orang atau kelompok memegang wewenang atas kelompok yang lain Pola dominasi cenderung mengarah pada pluralisme karena adanya dominasi menandakan terdapat sikap tidak mau menerima perbedaan dalam masyarakat. Hal ini menyebabkan munculnya perbudakan, diskriminasi, kapitalisme, dan feodalisme dalam masyarakat. Meskipun terdapat kelompok yang memegang kuasa atas kelompok lain, namun kelompok yang lemah tetap memiliki identitasnya sendiri sehingga mengarah pada pola pluralisme. Akulturasi adalah percampuran dua kebudayaan yang berbeda yang melahirkan kebudayaan baru tanpa menghilangkan identitas aslinya. Sementara paternalisasi merupakan bentuk dominasi masyarakat pendatang yang mengakui adanya perbedaan. Akulturasi dan paternalisasi mengarah pada pola integritas karena adanya sikap menghargai perbedaan dan adanya pembauran kelompok berbeda dalam masyarakat yang dapat meningkatkan integrasi. Semoga membantu ya :)


Iklan

Iklan

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Chat Tutor

Pertanyaan serupa

Pengaruh timbal balik antara berbagai segi kehidupan bersama, misalnya pengaruh timbal balik antara segi kehidupan ekonomi dan segi kehidupan politik, antara segi kehidupan hukum dan segi kehidupan agama, antara segi kehidupan agama dan segi kehidupan ekonomi serta yang lainnya, disebut dengan .... a. institusi sosial b. pranata sosial c. lembaga sosial d. proses sosial e. mobilitas sosial

39

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan