Brenda P

22 Januari 2020 04:13

Iklan

Iklan

Brenda P

22 Januari 2020 04:13

Pertanyaan

Mengapa indonesia masih menjadi negara berkembang, sedangakan pusat transit dunia lewat indonesia dan indonesia memiliki garis khatulistiwa?


8

1


Iklan

Iklan

A. Fia

Mahasiswa/Alumni Universitas Islam 45 Bekasi

25 Desember 2021 13:08

Halo Brenda, kaka bantu jawab ya. Indonesia merupakan salah satu negara berkembang meskipun menjadi lalu lintas pusat transit dunia, yang disebabkan oleh karena keterbatasan potensi sumber daya manusia yang terampil. Berikut adalah penjelasannya. Berdasakan letak geografisnya Indonesia terletak di antara dua benua yaitu Benua Asia dan Benua Australia, Indonesia juga terletak di antara dua samudra yaitu Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Kedua benua dan samudra tersebut merupakan jalur perdagangan internasional, dan berdasarkan letaknya Negara Indonesia menjadi jalur silang lalu lintas pusat perdagangan dunia, hal tersebut menjadi potensi krusial bagi Indonesia. Hal ini berkaitan dengan pendapatan negara dari hasil perizinan lalu lintas air pada batas zona. Hal tersebut dapat mendukung perkembangan ekonomi negara Indonesia. Meskipun begitu, Negara Indonesia termasuk dalam kategori negara berkembang karena beberapa indikator, meliputi pertumbuhan penduduk yang masih tinggi, tingkat kesejahteraan, pendidikan dan kesehatan masih belum merata, serta penggunaan teknologi yang terbatas karena potensi sumber daya manusia masih pada tingkatan menengah ke bawah. Jadi, dapat disimpulkan alasan mengapa Negara Indonesia masih menjadi negara berkembang meskipun sebagai jalur lalu lintas pusat transit dunia adalah karena keterbatasan potensi sumber daya manusia yang terampil. Semoga membantu ya:)


Iklan

Iklan

Mau jawaban yang terverifikasi?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

sebutkan jenis tanah

6

0.0

Lihat jawaban (7)

Gempa Tektonik Yang Terjadi Diakibatkan adanya aktivitas lempeng yang saling bertubrukan dan lempeng yang saling bergesekan. Prinsip Geografi Yang Sesuai Fenomena Tersebut Adalah

100

5.0

Jawaban terverifikasi