Mariana A

02 Februari 2020 11:25

Pertanyaan

mengapa beras biasa dengan beras ketan itu berbeda, padahal sama" beras dan apa yg membuat mereka berbeda? beras ketan apabila di masak itu lebih lengket di bandingkan beras biasa atau nasi mengapa dan jelaskan??


17

2

Jawaban terverifikasi

W. Endang

Mahasiswa/Alumni Universitas Indraprasta PGRI

06 Januari 2022 06:33

Jawaban terverifikasi

Halo Mariana! Kakak bantu jawab ya Jika kita tinjau dari kandungan senyawa dari beras biasa dengan beras ketan itu tentu berbeda ya, dan itu akan mempengaruhi kenapa beras ketan akan lengket jika dimasak. Beras ketan mengandung senyawa amilosa 1-2% dan amilopektin 88-89%. Sedangkan beras biasa mengandung senyawa amilosa 20% dan amilopektin 1-2%. Nah, amilopektin ini lah yang memberikan sifat lengket pada beras. Semakin banyak amilopektinnya, semakin lengket nasi yang dihasilkan oleh beras tersebut. Semoga membantu!


Iklan

Syanti M

03 Februari 2020 13:13

hai 🤗 saya izin bantu menjawab ya.. perbedaan beras & beras ketan dari warna dan teksture #Dari segi warna: -beras : cenderung transparan -beras ketan putih : warna putihnya cenderung lebih pekat (seperti putih susu). #Dari segi Teksture yaitu dari kandungan patinya ( amilosa & amilopektin ). Semakin tinggi kandungan amilosa (amilopektin rendah), teksturnya semakin kering dan pera. Semakin tinggi kadar amilopektin (amilosa rendah), teksturnya semakin pulen dan lengket. Maaf jika ada kekurangan atau kesalahan dari jawaban saya😊


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Chat Tutor

Pertanyaan serupa

kenapa bakteri bisa berkembang di tubuh kita

8

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan