Iklan

Iklan

Vania D

26 Juli 2021 02:05

Pertanyaan

media-media akan menghindari bahasa" yang bersifat, kecuali A. standar /baku B. populer C. kedaerahan D. gaul


98

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

W. Wahyuni

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Makassar

26 Juli 2021 12:33

Jawaban terverifikasi

Kelas: 8 Topik: Teks Berita Hai Vania D. Terima kasih sudah bertanya di Roboguru. Teks berita adalah teks yang berisi suatu kejadian, peristiwa, atau informasi mengenai sesuatu yang telah atau sedang terjadi. Teks berita yang disajikan melalui media cetak, media televisi, hingga media internet harus menggunakan bahasa yang bersifat standar (baku), banyak menggunakan kalimat langsung yang ditandai dengan dua tanda petik ganda untuk mengutip pernyataan narasumber, menggunakan kata kerja mental yang menunjukkan sikap seseorang terhadap suatu tindakan, banyak menggunakan keterangan waktu dan tempat, serta konjungsi temporal untuk menunjukkan urutan peristiwa. Media-media pemberitaan harus menghindari bahasa populer, istilah gaul, dan bahasa daerah. Dengan demikian, jawaban yang benar adalah pilihan A.


Iklan

Iklan

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Chat Tutor

Pertanyaan serupa

Bacalah teks berikut! Pak Fatoni ingin menjual cepat sepedanya yang bermerek Cicilian Sport. Kondisinya masih bagus dan baru digunakan 8 bulan. Harga yang ia tawarkan adalah 6,7 juta dapat ditawar dan Pak Fatoni akan memberikan bonus helm. Untuk itu, ia membuat sebuah iklan baris di koran. Kalimat berita yang tepat sesuai dengan ilustrasi di atas adalah .... a. Pak Fatoni akan menjual sepeda. b. Pak Fatoni tidak akan memberikan bonus helm. c. Pak Anwar tidak menawarkan dengan harga 6,7 juta. d. Kondisi barang masih bagus dan baru digunakan 8 bulan.

330

0.0

Jawaban terverifikasi

Dedikasi Dokter Handoko Bantu Pasien Corona Usia tampaknya tidak menjadi halangan bagi dokter senior spesialis paru bernama dr. Handoko Gunawan SpP ini. Karena dokter yang setiap harinya praktek di RS Graha Kedoya, Jakarta Barat, itu tetap memilih menjadi garda terdepan dalam menangani pasien virus corona. Bersama dengan pahlawan medis lainnya, dokter Handoko usianya saat ini menjelang 80 tahun, namun ia masih aktif bekerja hingga pagi membantu para pasien. Seperti diketahui virus Corona bisa berdampak lebih fatal bagi orang-orang di usia lanjut. Namun bagi dr. Handoko bukan menjadi halangan baginya untuk menghandle pasien covid-19 yang semakin banyak terpapar di Jakarta. Meskipun anak-anaknya sudah menyarankan untuk tidak terjun menangani pasien covid-19, karena usianya sudah tua. Namun dr. Handoko tetap bersikeras untuk tetap menangani pasien covid-19, meskipun mati juga tidak apa-apa baginya. Dr. Handoko terus bekerja tanpa lelah, bahkan sampai jam tiga pagi. Selain, pekerja keras, dr. Handoko juga dikenal sebagai sosok dokter senior yang baik, ramah, sering bersiul kalau lagi jalan kaki dari satu lantai ke lantai lain untuk mengecek pasien. Saat ini dr. Handoko menjadi sorotan lantaran aksinya menolong pasien corona yang tak kenal waktu. Tagar Dokter Handoko Gunawan pun memuncaki trending topik Indonesia, ribuan cuitan mendoakan keselamatan sang dokter dan memberikan pujian atas dedikasi tingginya meski sudah memasuki lanjut usia. Netizen juga berharap banyak dokter-dokter muda di Indonesia memiliki rasa sosial yang tinggi untuk menolong pasien-pasien. Mengingat saat ini tenaga medis menjadi garda terdepan untuk kasus virus Corona. Dan juga mengajak masyarakat lainnya untuk tetap tinggal di rumah dan tidak pergi ke tempat keramaian, hal ini pun jadi salah satu cara membantu para tenaga medis mengurangi pasien Corona. Dalam cerita inspiratif di atas, dr. Handoko Gunawan, walau usianya menjelang 80 tahun tetap menolong pasien corona tanpa mengenal lelah. Dr. Handoko tetap memberikan dedikasinya kepada pasien-pasien yang terpapar virus mematikan tersebut, walaupun dilarang oleh anak-anaknya, bahkan sekalipun maut menyerangnya. Di mana terjadinya cerita tersebut?

24

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan