Farhan C

23 Januari 2022 15:07

Iklan

Iklan

Farhan C

23 Januari 2022 15:07

Pertanyaan

Masalah Sosial di Sekitar Kita Dengan makin majunya media i nformasi baik media cetak maupun elektronik, masyarakat dengan mudah mengetahui peristiwa yang terjadi di tempat-tempat lainnya. Tidak terkecuali berita-berita tentang permasalahan sosial yang sering d iberita kan. Beberapa masalah sosial, seperti pencemaran lingkungan, rusaknya atau buruknya fasilitas umum, dan perilaku tidak disiplin merupakan masalah sosial yang sering terjadi. Pencemaran lingku ngan terjadi karena masyara kat membuang bahan-bahan berbahaya secara sembarangan ke lingkungan alam. Pembuangan limbah cair ke sungai dapat mencemari air sungai yang menyebabkan kerugian bagi masyara kat yang menggunakannya. Pencemaran udara juga dilaku kan oleh kendaraan yang sudah tidak layak jalan sehingga mencemari udara dengan bahan berba haya seperti timbal dan karbon monoksida. Selain itu, masih ada pabrik-pabrik yang membuang limbahnya melalui udara. Pencemaran pada tanah juga terjadi karena masyarakat membuang bahan berbahaya yang dapat membunuh organisme di dalam tanah yang diperlukan oleh tumbuhan. Fasilitas umum biasanya d isediakan oleh pemerintah yang digunakan untuk keperluan masyarakat. Fasilitas umum yang mudah dijumpai, antara lain fasilitas umum sebagai sarana transportasi, sarana pendidikan, dan sarana kesehatan. Kendaraan umum, terminal, dan pelabuhan merupakan beberapa contoh sarana transportasi. Gedung sekolah, museum, dan gedung olahraga merupakan contoh sarana pendidikan. Adapun rumah sa kit, apotek, dan puskesmas merupakan contoh sarana kesehatan. Seringkali masyarakat kurang memelihara fasilitas-fasilitas umum tersebut sehingga tidak terawat dan rusak. Ketika fasilitas umum itu rusak, hak orang lain untuk menggunakannya akan terhambat. Dengan memelihara dan melaporkan kerusakan, masyarakat dapat menjaganya agar dapat digunakan. Dalam kehidupan sehari-hari, kita menjumpai banyak sekali perilaku tidak disiplin, misalnya di jalan raya. Kecelakaan lalu lintas dan kemacetan, merupakan salah satu akibat dari perilaku tidak disiplin. Contoh perilaku tidak disiplin, antara lain menjalankan kendaraan dengan melawan arus; mengendarai sepeda motor di tempat yang tidak semestinya; misalnya di trotoar atau jembatan penyeberangan; memarkir kendaraan di sembarang tempat; berhenti untuk menurunkan dan menaikkan penumpang di sembarang tempat; menyeberang jalan secara sembarangan; tidak menggunakan jembatan penyeberangan. Sumber : BSE IPS 4, Pusbuk, 2008 dengan pengubahan seperlunya. Apa isi paragraf 1?


34

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

R. Adawiyah

Mahasiswa/Alumni Universitas Jember

27 Januari 2022 18:05

Jawaban terverifikasi

Halo, Farhan C, terima kasih sudah bertanya di Roboguru. Kakak bantu jawab ya. Jawaban soal di atas adalah kemajuan media informasi, baik cetak maupun elektronik. Untuk memahami alasan jawaban tersebut, silakan cermati pembahasan berikut. Isi bacaan merupakan kandungan yang terdapat dalam sebuah bacaan. Isi bacaan disebut juga ide pokok yang menjadi dasar pengembangan paragraf. Ide pokok disajikan dalam kalimat utama paragraf. Adapun ciri-ciri ide pokok sebagai berikut. 1) Ide pokok dapat terletak di awal paragraf, akhir paragraf, awal-akhir paragraf, di tengah paragraf, dan menyebar. 2) Tidak didahului dengan kata hubung tertentu. 3) Memuat informasi umum yang berkaitan dengan kalimat penjelas yang mengandung informasi khusus. Berdasarkan pemaparan tersebut, isi paragraf kesatu adalah kemajuan media informasi, baik cetak maupun elektronik sesuai dengan ide pokok yang terkandung dalam kalimat utama paragraf kesatu yang berbunyi "Dengan makin majunya media informasi baik media cetak maupun elektronik, masyarakat dengan mudah mengetahui peristiwa yang terjadi di tempat-tempat lainnya." Dengan demikian, isi paragraf kesatu adalah kemajuan media informasi, baik cetak maupun elektronik. Semoga membantu.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Bambang Pamungkas adalah sosok striker nomor satu di timnas. Ia menekuni profesi sebagai pesepakbola memang sedari kecil. Ia bukan dari keluarga yang berkecukupan, namun karena kegigihannya berlatih, sekarang ia menjadi tulang punggung di garis depan tim sepakbola Indonesia. Hal yang patut diteladani dari tokoh dalam kutipan biografi tersebut adalah

118

5.0

Jawaban terverifikasi