Mahkota D

27 Januari 2023 01:44

Iklan

Iklan

Mahkota D

27 Januari 2023 01:44

Pertanyaan

lbu membeli dua kotak piza. Piza pertama dipotong menjadi 6 bagian sama besar. Piza kedua dipotong menjadi 8 bagian sama besar. Tiara makan dua potong piza pertama dan Andi makan 3 potong piza kedua. Siapakah yang makan piza paling banyak?


3

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

S. Agita

Mahasiswa/Alumni Politeknik Negeri Jember

24 Juli 2023 08:23

Jawaban terverifikasi

<p>Jawaban yang benar adalah Adi.</p><p>&nbsp;</p><p>Pembahasan:</p><p>&nbsp;</p><p>Pecahan dibagi menjadi dua bagian, yaitu bagian pembilang (letaknya di atas garis pembagi) dan penyebut (letaknya di bawah garis pembagi.</p><p>&nbsp;</p><p>Pembilang adalah angka atau nilai yang akan dibagi oleh angka atau nilai penyebut, contohnya pada kasus potongan pizza tersebut maka pembilangnya yaitu bagian pizza yang ditunjuk yaitu 2 untuk pizza Tiara dan 3 untuk pizza Andi. Sedangkan penyebut adalah angka atau nilai yang menjadi pembagi dari angka atau nilai pembilang, contohnya pada kasus potongan pizza tersebut maka penyebutnya adalah seluruh bagian pizza yang telah dipotong yaitu 6 untuk pizza pertama dan 8 untuk pizza kedua.</p><p>&nbsp;</p><p>Setelah mengetahui bentuk pencahan pizza yang dimakan oleh Tiara dan Andi, maka kita harus menyamakan penyebut kedua pecahan tersebut untuk mengetahui perbandingan senilainya.</p><p>&nbsp;</p><p>Tiara = 2/6 = (2 × 4) / (6 × 4) = 8/24</p><p>Adi = 3/8 = (3 × 3) / (8 × 3) = 9/24</p><p>&nbsp;</p><p>Jadi, yang makan pizza paling banyak adalah Adi.</p>

Jawaban yang benar adalah Adi.

 

Pembahasan:

 

Pecahan dibagi menjadi dua bagian, yaitu bagian pembilang (letaknya di atas garis pembagi) dan penyebut (letaknya di bawah garis pembagi.

 

Pembilang adalah angka atau nilai yang akan dibagi oleh angka atau nilai penyebut, contohnya pada kasus potongan pizza tersebut maka pembilangnya yaitu bagian pizza yang ditunjuk yaitu 2 untuk pizza Tiara dan 3 untuk pizza Andi. Sedangkan penyebut adalah angka atau nilai yang menjadi pembagi dari angka atau nilai pembilang, contohnya pada kasus potongan pizza tersebut maka penyebutnya adalah seluruh bagian pizza yang telah dipotong yaitu 6 untuk pizza pertama dan 8 untuk pizza kedua.

 

Setelah mengetahui bentuk pencahan pizza yang dimakan oleh Tiara dan Andi, maka kita harus menyamakan penyebut kedua pecahan tersebut untuk mengetahui perbandingan senilainya.

 

Tiara = 2/6 = (2 × 4) / (6 × 4) = 8/24

Adi = 3/8 = (3 × 3) / (8 × 3) = 9/24

 

Jadi, yang makan pizza paling banyak adalah Adi.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Hasil dari 1/6 + 7/12 : 2/3 adalah ....

230

5.0

Jawaban terverifikasi