Ayu A

12 Februari 2020 10:27

Pertanyaan

Konflik dapat menyebabkan disintegrasi sosial. salah satu dampak konflik yang menunjukkan gejala disintegrasi sosial adalah


748

1

Jawaban terverifikasi

A. Kartika

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

23 Desember 2021 14:32

Jawaban terverifikasi

Halo Ayu, kakak bantu jawab ya:) Contoh konflik yang dapat menyebabkan disintegrasi sosial antara lain aksi demonstrasi yang terjadi pada tahun 1998. Yuk simak penjelasan berikut! Konflik sosial merupakan sebuah proses sosial yang terjadi antara dua orang atau lebih yang saling berselisih pendapat, paham, kepentingan atau hal lainnya yang kemudian berusaha untuk saling menyingkirkan satu sama lain dengan cara membuat seseorang atau kelompok lainnya tidak berdaya. Proses sosial yang tersebut cenderung bersifat kearah negatif bahkan dapat menyebabkan disintegrasi sosial. Disintegrasi sosial dapat diartikan sebagai kondisi dimana masyarakat merasa tidak puas dengan dengan kondisinya, sehingga ia ingin melakukan perubahan-perubahan secara fundamental. Disintegrasi sosial juga dapat menimbulkan pepecahan dalam masyarakat. Contoh konflik yang menyebabkan disintegrasi sosial misalkan pada aksi demonstrasi masyarakat pada tahun 1998 dimana pada saat itu masyarakat terutama mahasiswa menuntut rezim orde baru untuk mundur. Karena adanya perubahan yang signifikan pada sistem pemerintahan, hal ini kemudian memunculkan isu disintegrasi sosial yang mengakibatkan etnis cina ada yang dijarah toko ataupun rumahnya, dibunuh, bahkan diculik dengan kekerasan. Terima kasih sudah bertanya dan menggunakan Roboguru, semoga membantu yaa :)


ask to forum

Belum menemukan jawaban?

Tanya soalmu ke Forum atau langsung diskusikan dengan tutor roboguru plus, yuk

Tanya ke Forum

Pertanyaan serupa

8. Konflik dalam rumah tangga sering kali terjadi, konflik tersebut dapat terjadi antara ayah dengan ibu, adik dengan kakak atau dengan anggota keluarga yang lain. Proses penyelesaian konflik secara formal dari gejala sosial tersebut adalah ... .

11

0.0

Jawaban terverifikasi