Nur M

28 Oktober 2020 00:08

Iklan

Iklan

Nur M

28 Oktober 2020 00:08

Pertanyaan

konfigurasi elektron atom unsur A : 2 8 8 6. unsur tersebut dalam sistem periodik terletak pada golongan... periode...


4

3

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

P. Paramitha

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

02 Januari 2022 02:58

Jawaban terverifikasi

Halo Nur, kakak bantu jawab yaa. Jawaban dari pertanyaan di atas adalah unsur tersebut terletak pada golongan VIB dan periode 4. Golongan ditentukan berdasarkan jumlah elektron valensi (elektron pada kulit terluar). Periode ditentukan berdasarkan jumlah kulit. Konfigurasi elektron yang diketahui pada soal adalah konfigurasi elektron Bohr (berdasarkan kulit), sementara konfigurasi elektron Bohr memiliki kekurangan, yaitu hanya dapat digunakan pada unsur-unsur golongan A saja. Karena pada soal belum diketahui apakah unsur tersebut termasuk golongan A atau B, maka ada baiknya kita ubah konfigurasi elektron Bohr menjadi konfigurasi mekanika kuantum terlebih dahulu. Konfigurasi Bohr: 2 8 8 6 ----> jumlah elektron = 24. Konfigurasi Mekanika Kuantum: 1s2 2s2 2p6 3s2 3p6 4s2 3d4. Berikut adalah cara menentukan apakah unsur tersebut termasuk golongan A atau B. - Jika 2 subkulit terakhir yang dijumlahkan adalah s+p, maka unsur tersebut termasuk golongan A. - Jika 2 subkulit terakhir yang dijumlahkan adalah s+d, maka unsur tersebut termasuk golongan B. Berdasarkan konfigurasi mekanika kuantum, 2 subkulit terakhir yang dijumlahkan adalah 4s2 dan 3d4, sehingga unsur tersebut termasuk ke dalam golongan VIB. Jumlah kulit berdasarkan konfigurasi mekanika kuantum adalah 4 karena terdapat elektron pada subkulit 4s. Oleh karena itu, unsur tersebut terletak di periode 4.


Iklan

Iklan

Fani V

29 Oktober 2020 05:31

golongan ditentukan oleh jumlah elektron valensi periode ditentukan dari jumlah kulit atom konfigurasi unsur A : 2 8 8 6 (konfigurasi Bohr) untuk memudahkan mengerjakan maka saya ganti dalam konfigurasi aufbau menjadi : 1s2 2s2 2p6 3s2 3p6 4s2 3d4 maka dari konfigurasi tersebut dapat diketahui bahwa unsur A termasuk = • Golongan : VI B ( karena s+d = 2+4, kenapa kog termasuk kelompok golongan B atau transisi karena sudah aturan ) • periode : 4 ( karena dalam konfigurasi Bohr jumlah kulit atomnya 4 dan dalam konfigurasi aufbau kulit atom terbesarnya adalah 4) terimakasih


J. Siregar

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Medan

05 April 2022 01:16

Semoga kamu sudah paham yaa. Jika tidak ada pertanyaan lagi, Kakak izin tutup diskusinya. Terima kasih sudah bertanya di Sharingsoal. Jangan lupa untuk aktif membantu jawab pertanyaan teman-teman di Sharingsoal yaa agar kamu bisa dapat gelar yang keren!

alt

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Sebanyak 5L gas SO2 dibakar sempurna hingga terbentuk gas SO3 sesuai dengan persamaan reaksi: SO2(g)+O2(g)=>So3(g) Perbandingan volume gas oksigen dengan gas dalam reaksi tersebut jika dikur pada P dan T yang sama adalah..

19

0.0

Jawaban terverifikasi