Toni K

23 Januari 2022 15:25

Iklan

Iklan

Toni K

23 Januari 2022 15:25

Pertanyaan

Kepala Kepolisian Indonesia Jenderal Tito Karnavian mengatakan tingkat kecelakaan lalu lintas di Indonesia masih tinggi di antara negara-negara ASEAN. Karban kecelakaan di Indonesia lebih banyak dari jumlah korban terorisme, bencana tsunami, dan bencana banjir. Kepala Korps Lalu-lintas Kepolisian Indonesia lnspektur Jenderal Royke lumowa mengatakan jumlah korban kecelakaan lalu lintas di Indonesia sekitar 28-30 ribu jiwa per tahun. Enam negara yang paling tinggi angka kecelakaan lalu-lintasnya adalah Thailand, Vietnam, Malaysia, Indonesia, Filipina, dan laos, sedangkan tingkat kecelakaan lalu lintas Brunei Darussalam dan Singapura terendah di ASEAN. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) •merilis data terbaru bahwa sebanyak 1,35 juta jiwa melayang akibat kecelakaan lalu lintas. WHO merilis, lebih dari 90 persen kematian akibat kecelakaan lalu lintas terjadi di negaranegara berpenghasilan rendah. Menurut WHO, tingkat kematian akibat kecelakaan lalu lintas tertinggi ada di kawasan Afrika. Bahkan, di negara-negara berpenghasilan tinggi orang-orang dengan latar belakang sosial ekonomi rendah lebih mungkin terlibat kecelakaan lalu lintas. Kecelakaan lalu lintas, menurut data WHO, mengancam mereka yang berusia muda. Kecelakaan lalu lintas merupakan penyebab utama kematian anak-anak dan dewasa berusia 5-29 tahun. Peningkatan penjualan kendaraan bermotor yang cukup pesat sejalan dengan berkembangnya kepemilikan kendaraan bermotor di Indonesia. Hal ini juga berbanding lurus dengan potensi peningkatan angka kecelakaan lalu lintas di jalan. Banyak faktor kecelakaan di Indonesia. Faktor kecelakaan terbesar adalah faktor manusia atau human error yang umumnya terjadi karena kesaJahan atau kemampuan pengemudi. Bahkan menurut data Korlantas, kecelakaan akibat kondisi kendaraan hanya sebesar 6 persen dari total jumlah kecelakaan yang terjadi. Hal ini didukung beberapa penyebab, di antaranya regulasi kepemilikan Surat lzin Mengemudi (SIM) di Indonesia yang masih kurang ketat. Selain itu, perilaku pengemudi yang mudah terganggu emosinya, lalai, ditambah dengan kon~isi tubuh yang kurang fit juga menjadi faktor tingginya angka kecelakaan lalu lintas di Indonesia. Tingginya angka ~ecelakaan lalu lintas di Indonesia menunjukkan masih rendahnya budaya keselamatan di Indonesia. Rendahnya budaya keselamatan itu, salah satunya diindikasikan dengan perilaku kurang baik yang ditunjukkan pengendara saat berkendara. Perilaku kurang baik saat ditunjukkan si pengendara antara lain tidak berhenti pada garis stop pada lampu merah, berkendara secara ugal-ugalan, tidak mengenakan perlengkapan pengamanan saat berkendara. Salah satu yang sering terlihat yakni seringnya pengendara tidak mengenakan helm. (dikutip dari https;//nasional.kompas.com/) Berdasarkan paragraf ketiga, manakah di bawah ini pernyataan yang BENAR? A. Faktor kecelakaan terbesar di Indonesia adalah kondisi kendaraan. B. Faktor human error berkontribusi sebesar 6% dari seluruh keelakaan yang ada. C. Human Error masih sering terjadi meskipun regulasi kepemilikan SIM diperketat. D. Regulasi SIM yang kurang ketat turut menjadi penyebab tingginya angkat kecelakaan. E. Kondisi tubuh yang kurang fit berkontribusi sebesar 6% dari jumlah kecelakaan.

alt

25

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

B. Lisa

Mahasiswa/Alumni Universitas Sanata Dharma

04 Februari 2022 15:15

Jawaban terverifikasi

Hai, Toni K. Terima kasih sudah bertanya ke Roboguru. Kakak bantu jawab, ya. Jawaban yang tepat adalah D. Yuk, kita simak pembahasan berikut. Informasi adalah kumpulan data berupa fakta yang diolah menjadi suatu hal yang bermanfaat bagi pembaca atau pendengar. Informasi dapat disampaikan secara tersurat dan tersirat. Informasi tersurat (implisit) adalah informasi yang tidak dalam bacaan. Informasi tersembunyi bisa didapatkan setelah membaca, memahami, dan menyimpulkan suatu teks. Sementara informasi tersurat (eksplisit) adalah inormasi yang tertulis dalam teks dan dapat langsung diperoleh saat membaca suatu teks. Langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk menemukan informasi dalam teks adalah sebagai berikut. 1. Baca keseluruhan isi teks dengan saksama. 2. Baca soal dan cari paragraf yang membahas tentang hal tersebut. 3. Kutip pernyataan yang sesuai dengan soal. Dari teks tersebut, penyebab tingginya angka kecelakaan adalah adanya human eror. Secara tersurat, teks tersebut menyebutkan bahwa salah satu penyebab kecelakaan akibat human eror karena regulasi SIM yang kurang ketat. Hal tersebut tampak pada kutipan "Hal ini didukung beberapa penyebab, di antaranya regulasi kepemilikan Surat lzin Mengemudi (SIM) di Indonesia yang masih kurang ketat". Berdasarkan bukti tesebut, maka pernyataan yang sesuai dengan teks adalah regulasi SIM yang kurang ketat turut menjadi penyebab tingginya angkat kecelakaan. Jadi, jawaban yang tepat adalah D. Semoga membantu.


Iklan

Iklan

R. PuspitaSari

28 Januari 2022 08:25

Halo Toni K, terimakasih telah bertanya pada roboguru. Kakak bantu jawab ya! Jawabannya adalah D Berikut penjelasannya: Pada paragraf ketiga dikemukakan bahwa faktor kecelakaan terbesar adalah faktor manusia atau human error yang umumnya terjadi karena kesalahan atau kemampuan pengemudi. Hal ini didukung beberapa penyebab, di antaranya regulasi kepemilikan Surat lzin Mengemudi (SIM) di Indonesia yang masih kurang ketat. Dengan demikian, jawabannya adalah D. Regulasi SIM yang kurang ketat turut menjadi penyebab tingginya angkat kecelakaan. Semoga membantu 😊


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Negara tidak hadir dalam mengawasi dan menindak perusahaan batu bara yang terindikasi kuat melanggar hak asasi manusia (HAM) dan aturan sehingga perusahaan tambang batu bara merasa leluasa mengoperasikan. Direktur Eksekutif Daerah Walhi Bengkulu, Beni Ardiansyah mengemukakan hal tersebut kepada Mongabay Indonesia. "Kami (Walhi Bengkulu) akan menggugat negara, dalam hal ini pemerintah daerah, melalui jalur hukum. lni sangat perlu dilakukan. Tidak terlihat itikad pemerintah daerah untuk menghormati, melindungi termasuk memulihkan hak asasi manusia, khususnya hak atas lingkungan hidup, dan menegakkan aturan terhadap kejahatan lingkungan hidup," kata Bi:mi, Senin (8/05/2017). Kerusakan lingkungan hidup akibat limbah batu bara di sepanjang DAS Air Bengkulu hingga pesisir pantai di Kota Bengkulu dan Bengkulu Tengah yang terjadi sejak 1980-an hingga kini adalah nyata dan bukan kasat mata. Kendati demikian, pemerintah daerah tidak pernah berupaya menemukan perusahaan tambang untuk dimintai pertanggung jawaban. "lndikasi lainnya seperti lubang bekas tambang tidak direklamasi, kerusakan kawasan hutan, kewajiban membayar jaminan reklamasi dan jaminan pascatambang yang tidak dipenuhi juga terkesan dibiarkan. Bahkan, masalah izin terindikasi masuk kawasan hutan konservasi dan lindung yang terungkap dalam surat Direktorat Jenderal Palonologi Kementerian Kehutanan No. S.706NII-PKH/2014 bertanggallO Juli 2014 pun belum ditindaklanjuti," tambah Beni. Setidaknya, 12 IUP lzin Usaha Pertambangan tambang batu bara terindikator masuk kawasan hutan konservasi dan lindung yang tidak jelas tindak lanjutnya. "Misalnya, IUP terindikasi masuk hutan konservasi, apakah dicabut, tidak jelas. Begitu pula IUP terindikasi masuk hutan lindung, khususnya IUP operasi dan produksi, boleh jadi sudah berproduksi, kendati belum punya izin pinjam pakai kawasan hutan. Kalau sudah produksi, tapi belum punya izin pinjam pakai kawasan hutan, tentunya itu adalah pelanggaran aturan," kata Beni. Data Yayasan Genesis dan Jaringan Advokasi Tambang (Jatam) Nasional menunjukkan, hanya 8 perusahaan tambang batu bara yang menunaikan kewajiban membayar jaminan reklamasi dan pascatambang. Perusahaan tersebut yakni, PT Bumi Arma Sentosa, PT lnjatama, PT Kaltim Global, dan PT Rekasindo Guriang Tandang. [... ], empat perusahaan lainnya, yakni PT Bara Adhipratama, PT Firman Ketahun, PT Krida Darma Andika, dan PT Ferto Rejang hanya membayar jaminan reklamasi. "Banyak perusahaan tambang tidak membayar jaminan reklamasi dan pascatambang. Padahal kewajiban itu diatur UU No. 4/2009 tentang Mineral dan Batubara. lni bisa disebut pelanggaran aturan telah dilakukan," kata Manager Kampanye Yayasan Genesis Uli Arta Siagian, Jumat (28/04/2017). Sumber: https://www. mongabay. ca. id/2017/05/17/kerusakan-lingkungan-akibat-tambang-batubara-terus-berlanjut-apa-soluslnya/ Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat ketiga paragraf terakhir adalah .. .. A. sehingga B. meskipun C. selain itu D. sementara itu E. oleh karena itu

41

0.0

Jawaban terverifikasi

Libur panjang atau long weekend di akhir Oktober 2020 tinggal menghitung hari. Ada tebersit kekhawatiran libur panjang berpotensi melahirkan lonjakan kasus baru penularan virus Corona (COVID-19). Pemerintah menambah cuti bersama maulid Nabi Muhammad SAW., yangjatuh pada tanggal29 Oktober, sehingga total libur menjadi 3 hari, yaitu 28, 29, dan 30 Oktobe! 2020. Dengan demikian, ada libur pada Rabu, Kamis, dan Jumat. Kebijakan cuti bersama ini diatur dalam Keputusan Presiden Nomor 17 Tahun 2020. Menghadapi rencana libur panjang itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan wejangan. Jokowi berpesan agar jangan sampai libur panjang berdampak kenaikan kasus Corona di Tanah Air. Wanti-wanti itu disampaikan Jokowi saat memimpin Ratas Antisipasi Penyebaran COVID-19 Saat Libur Panjang Akhir Oktober 2020 yang disiarkan di kana! YouTube Sekretariat Presiden, Senin (19/10/2020). Jokowi kemudian mengingatkan lagi soal/ong weekend pada Agustus 2020 yang mengakibatkan kasus Corona meningkat. "Ratas hari ini kita berbicara antisipasi penyebaran COVID-19 berkaitan dengan libur panjang di akhir Oktober 2020. Mengingat kita punya pengalaman kemarin libur panjang 1,5 bulan yang lalu, setelah itu terjadi kenaikan agak tinggi," ungkap Jokowi. Jokowi mengajak para menterinya menyusun strategi agar peristiwa itu tidak terjadi lagi. Jangan sampai kasus Corona di Indonesia naik akibat libur panjang. Sebelumnya pada Rabu, 2 September 2020, anggota Tim Pakar Satgas Penanganan COVID-19 Dewi Nur Aisyah pernah mengungkapkan kasus Corona (COVID-19) di Indonesia meningkat 32,9 persen dalam satu minggu di pekan terakhir yang kemungkinan disebabkan efek libur panjang atau long weekend. Dewi mengatakan kenaikan kasus Corona paling banyak di Pulau Jawa, yakni DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Jawa Tengah. Daerah-daerah tersebut menjadi daerah penyumbang kasus tertinggi di pekan terakhir. Padahal, kata Dewi, kenaikah kasus di daerah ini sebelumnya tidak terlalu tajam. Sumber: https://news.detik.com/berito/d-5220176/wanti-wanti-jokowi-agar-klaster-long-weekend-tak-terjadi-lagi?_ga=2.78509268.1596733021.1603069406-1316695339.1569816843 Berdasarkan paragraf terakhir, manakah simpulan yang paling mungkin apabila tidak ada libur panjang? A. Para pelancong tetap berwisata ke pulau lain. B. Pulau Jawa tidak akan mengalami lonjakan kasus COVID-19 yang tajam. C. Pulau Jawa akan mengalami pertumbuhan ekonomi yang minus. D. Masyarakat akan tetap berlibur di tempat wisata berhari-hari. E. Para pelaku wisata akan berdemo karena tidak ada waktu untuk beristirahat.

10

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Upaya Indonesia memperbaiki tata kelola sumber daya alam melalui moratorium izin perikanan di laut dan izin perhutanan perlu diperbaiki. Langkah itu perlu segera dilakukan mengingat setiap kebijakan pemerintah karena berakhir dalam 1 sampai 2 bulan mendatang. "Moratorium tak hanya untuk Indonesia, tetapi juga komitmen bagi dunia global," kata Rizal Gamar. Country Director The Nature Covervancylndonesia di Jakarta. Saat ini, ancaman global perubahan iklim nyata. Itu bisa makin parah ketika hutan hujan tropis tidak dikelola dengan baik. Di hutan, masih terjadi tumpah tindih perizinan, pembalakan liar dan konflik sosial. Di sektor perikanan tangkap, pencurian, dan eksploitasi ikan membuat sebagian perairan Indonesia ada penangkapan berlebih. Selama ini perairan Indonesia menyuplai kebutuhan ikan di berbagai belahan dunia. Namun, sumber daya laut dan hutan yang menjadi modal alam Indonesia itu belum dimanfaatkan secara berkelanjutan. Pemerintah merespons kondisi itu dengan kebijakan moratorium izin kehutanan di hutan alam primer dan gambut sejak 2011 dan yang akan berakhir Mei 2015 yang lalu. November 2014, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menghentikan sementara izin perikanan tangkap yang berakhir pada April 2015. "Moratorium kehutanan belum dilakukan secara efektif. Namun, sayang kalau moratorium dihentikan, mengingat usahanya sudah sangat besar," kata Herlina Hartanto, Direktur Terestrial TNC Indonesia. la berharap moratorium kehutanan dilanjutkan dengan memperkuat aturan main. Itu bisa dilakukan dengan meningkatkan penegakan hukum serta meninjau izin-izin dengan tata ruang maupun Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS). Selain itu, dalam negosiasi global dan konferensi PBB untuk perubahan iklim (UNFCCC), moratorium kehutanan merupakan salah satu komitmen Indonesia dalam mencapai penurunan emisi 26 sampai 41 persen. "Moratorium adalah kesempatan, pemerintah mengatasi kerusakan hutan dan meningkatkan citra pemerintah," katanya. Di sektor perikanan, Direktur Perikanan Berkelanjutan TNC Indonesia, Peter Mous mengatakan, langkah moratorium izin perikanan tangkap oleh Menteri Susi Pudjiastuti sukses membawa efek kejut. "Moratorium memang dibutuhkan untuk melindungi, kemudian harus ada metode efektif yang tak keras, tetapi stok ikan bisa pulih," katanya. Moratorium perizinan diberlakukan bagi izin kapal besar berbobot lebih dari 30 gross ton. Selama moratorium kapal ikan eks asing, pemerintah memverifikasi kapal-kapal itu. 44. lstilah emisi pada bacaan di atas sama artinya dengan ... (A) pancaran (B) gas buang (C) perusakan (D) perpaduan (E) pencemaran

6

0.0

Jawaban terverifikasi

Bacalah teks berikut! Federica Bertocchini, peneliti dari Institute of Biomedicine and Biotechnology of Cantabria, Spanyol melakukan riset mengenai pengurai plastik secara biologis dengan memanfaatkan larva ngengat Galleria mellonella. Percobaan yang dilakukan Bertocchini menunjukkan bahwa ngengat tersebut dapat memecah ikatan plastik dengan cara seperti mereka mencerna Jilin sarang lebah. Secara alami, larva Galleria mellonella hidup di Jilin sarang lebah. Karena itulah kehadiran larva ini menjadi momok bagi peternak lebah di seluruh Eropa. Termasuk Bertocchini yang juga berprofesi sebagai peternak lebah. Pertama ia memulai penelitian tentang ngengat urai plastik ini karena ketidaksengajaan atas satu kejadian unik di sarang lebah di rumahnya. Kejadian itu terjadi saat dia meletakkan larva Galleria mellonella tersebut di kantong plastik, mengikatnya sampai tertutup, dan meletakkan kantong tersebut di kamar rumahnya sementara dia menyelesaikan pembersihan sarang. Saat kembali ke kamar ia menemukan larva-larva tersebut di mana-mana. Mereka berhasillolos dengan cara mengunyah kantong hingga bolong secara cepat. Kantong plastik tersebut penuh dengan lubang setelah larva Galleria mellonella terkurung di dalamnya selama sekitar 40 menit. Dalam tes laboratorium, peneliti menemukan bahwa 100 larva Galleria mellonella dapat melahap 92 mg polietilena dalam waktu 12 jam. Sumber: http s.//tirto.id/l ar va-go/leria-alias-ngengat-s ang-pengurai-p/astik-cs E5 Kata "urai" pada paragraf ke-2 akan lebih tepat jika diberikan imbuhan, sehingga menjadi .... A. menguraikan B. teruraikan C. mengurai D. pengurai E. terurai

14

0.0

Jawaban terverifikasi