Flashsena D

22 Maret 2020 02:15

Pertanyaan

Kenapa Nukleus merupakan organel sel yang memiliki peran banyak?


13

2

Jawaban terverifikasi

N. Alriessyanne

Mahasiswa/Alumni Institut Pertanian Bogor

22 Januari 2022 13:25

Jawaban terverifikasi

Halo Adik, kakak coba bantu jawab ya :) Nukleus memiliki peran yang banyak karena nukleus mengontrol seluruh kegiatan sel. Nukleus merupakan organel yang mengandung sebagian besar gen makhluk hidup. Nukleus memiliki tiga bagian utama, yakni : 1. Kromatin yang mengandung materi genetik sel. 2. Nukleolus yakni struktur berwarna gelap di dalam nukleus yang berperan dalam pembuatan ribosom. 3. Membran Inti berupa struktur membran ganda yang membatasi nukleus dari sitoplasma. Nukleus memiliki fungsi yakni mengontrol aktivitas sel dengan cara : 1. Mengontrol sintesa protein di dalam sitoplasma. 2. Sebagai tempat pembentukan dan pengkodean RNA, yakni rRNA, tRNA, dan mRNA. Semoga jawabannya membantu ya!


Iklan

Moreno H

22 Maret 2020 15:46

karena nukleus adalah inti dari segala sel. oleh karena itu nukleus berperan dalam pengaturan seluruh aktivitas sel dan pewarisan sifat.


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Chat Tutor

Pertanyaan serupa

Bioremediasi adalah penggunaan mikroorganisme untuk membersihkan pencemaran yang disebabkan oleh..... a. Limbah minyak b. Limbah rumah tangga c. Limbah pertanian d. Limbah industri

86

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan