Istigfar R

17 Maret 2020 13:03

Pertanyaan

kenapa disuatu wilayah cuacanya berbeda-beda.misalnya dikota A hujan,sedangkan dikota B panas,mengapa demikian?


7

2

Jawaban terverifikasi

A. Fia

Mahasiswa/Alumni Universitas Islam 45 Bekasi

27 Desember 2021 02:27

Jawaban terverifikasi

Halo Istigfar, kaka bantu jawab ya. Perbedaan cuaca antara satu wilayah dengan wilayah lainnya disebabkan oleh adanya perbedaan kondisi atau faktor pendukung terbentuknya cuaca di suatu wilayah. Berikut adalah penjelasannya. Cuaca adalah keadaan udara harian pada wilayah yang lebih sempit dan dalam kurun waktu yang cenderung singkat. Kondisi cuaca suatu wilayah dengan wilayah lainnya bergantung pada faktor pembentuk cuaca. Faktor cuaca adalah sebagai berikut: 1. Kelembaman udara. 2. Suhu udara. 3. Tekanan udara. 4. Arah angin. 5. Topografi. 6. Letak geografis dan astronomis. Terjadinya perbedaan cuaca pada kota A yang turun hujan sedangkan di kota B tidak, karena adanya perbedaan antara kondisi dari keenam faktor di atas. Pada kota A yang turun hujan lebih banyak terbentuk awan hujan sedangkan pada kota b tidak. Awan hujan terbentuk pada daerah dengan tingkat kelembaman, suhu udara yang tinggi, topografi wilayahnya juga cenderung dipenuhi vegetasi sehingga proses penguapannya lebih tinggi jika dibandingkan dengan wilayah B. Jadi, dapat disimpulkan adanya perbedaan cuaca antara kota A dan kota B disebabkan oleh kondisi faktor pendukung terbentuknya cuaca. Semoga membantu ya:)


Iklan

Andan Q

18 Maret 2020 08:51

Faktor Cuaca: 1. Topografi/Ketinggian. Semakin dekat dengan permukaan laut, maka suhu akan semakin panas sehingga suhu di pegunungan lebih dingin dibanding suhu di dataran rendah. 2. Bentang Alam. Suhu udara akan semakin panas jika berada di daerah bayangan hujan dibanding daerah dibaliknya. 3. Letak Geografis. Udara di tengah-tengah benua cenderung lebih kering dibanding udara di daerah maritim sehingga hujan lebih mungkin terjadi di daerah maritim. 4. Letak Astronomis. Suhu di daerah tropis akan semakin panas dan lembab dibanding daerah lintang tinggi. 5. Musim. Musim di suatu daerah akan berbeda dengan daerah lainnya yang mempùnyai karakteristik cuacanya juga akan berbeda. 6. Parameter cuaca lainnya. Banyak lagi yang menyebabkan perbedaan karakteristik atmosfer, contohnya daerah front, perbedaan tekanan, dan sebagainya.


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Chat Tutor

Pertanyaan serupa

jumlah penduduk Indonesia berdasarkan sensus tahun 1990 adalah 178.631.196,kemudian pada sensus 2000 berjumlah 203.456.005.Berapa persen angka pertumbuhan penduduk geometrik penduduk Indonesia

278

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan