Iklan

Iklan

Victoria V

02 September 2021 06:13

Pertanyaan

Kenali Sistem Pendidikan di Indonesia Zaman makin berkembang dalam berbagal sektor, tidak terkecuali sektor pendidikan. Dari waktu ke waktu Pemerintah berupaya memperbaiki kualitas sistem pendidikan agar dapat mengikuti perkembangan zaman. Menurut beberapa pakar pengamat pendidikan, kualitas pendidikan di Indonesia makin menurun. Kualitas pendidikan tersebut dibuktikan dengan data peringkat Indeks Pengembangan Manusia (Human Development Index) dari UNESCO (2000). Dalam CNN Indonesia, dari 174 negara di dunia, Indonesia menempati urutan ke-99 (1997), ke-105 (1998), dan ke-109 (1999). Meskipun mengalami penurunan, Indonesia tetap berusaha secara bertahap demi meningkatkan indeks pengembangan manusia. Salah satunya dengan melakukan beberapa perubahan dan metode yang diterapkan dalam dunia pendidikan. 3. Tentukan bagian teks eksposisi tersebut!


1rb+

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

W. Wahyuni

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Makassar

02 September 2021 15:05

Jawaban terverifikasi

Kelas: 10 Topik: Teks Eksposisi Hai Victoria. Terima kasih sudah bertanya di Roboguru. Teks eksposisi adalah paragraf atau karangan yang memuat sejumlah informasi dan pengetahuan dengan penyajian yang lebih singkat, padat, dan akurat. Tujuan teks eksposisi ialah untuk memaparkan atau menjelaskan informasi-informasi tertentu sehingga apa yang dijelaskan haruslah bersifat ilmiah. Struktur teks eksposisi terdiri atas (1) tesis yang berisi sudut pandang penulis terhadap permasalahan yang akan dibahas; (2) argumentasi, yakni sejumlah fakta atau data yang menjadi bukti dan alasan untuk memperkuat pandangan yang telah dijelaskan pada bagian tesis; dan (3) penegasan ulang berupa pernyataan akhir atau simpulan untuk menegaskan kembali seluruh argumentasi terkait tesis yang telah dikemukakan sebelumnya. Kutipan teks di atas memuat berbagai argumen terkait sektor pendidikan yang dianggap tidak mengalami perkembangan. Paragraf tersebut juga menyajikan sejumlah data faktual untuk membuktikan kualitas pendidian menurut Indeks Pengembangan Manusia (Human Development Index) dari UNESCO (2000). Penjelasan seperti ini termasuk dalam bagian argumentasi pada teks eksposisi. Dengan demikian, bagian teks eksposisi tersebut adalah argumentasi.


Iklan

Iklan

Salma O

13 September 2021 00:31

terimakasihh


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

kesalahpahaman Resepsionis : Selamat siang. memerlukan bantuan kami?(1) David : maaf, saya kira telah terjadi kesalahan pada tagihan kami titik Kami tidak makan malam di sini tadi malam.(2) Resepsionis : mohon maaf, bapak. tagihan ini berasal dari restoran hotel ini. Dik disini terdapat tanda tangan Bapak.(3) David : tetapi, itu bukan tanda tangan saya. Saya akan berbicara dengan manajer.(4) Resepsionis : maaf, Pak. Manager sedang sibuk.(5) David : ya, tetapi saya harus menjelaskan persoalan ini kepada manajer saudara.(6) Resepsionis : Maaf pak ini tagihan dari restoran dan tanda tayangan ini adalah tanda tangan Bapak titik berarti Bapak dan istri bapak makan di restoran ini tadi malam.(7) David : maaf, Izinkan saya bertemu Manager saudara titik Saya harus berbicara dengannya.(8) Resepsionis : ya, Mohon ditunggu.(9) berdasarkan strukturnya, tuturan 1 dan 2 dalam teks di atas termasuk bagian... a. orientasi b. penawaran c. pengajuan d. persetujuan e. penutup

792

0.0

Jawaban terverifikasi

Vera : Berkumpulnya kita di sini adalah untuk membahas permasalahan UTS matematika yang mana kelas ini mendapat hasil yang kurang memuaskan. Mengapa hal itu terjadi? Cathel : Menurut saya, rnaternatika adalah pelajaran yang rurnit dan tidak bisa diselesaikan dengan asal. Bitha : Saya rnenyanggah pendapat Anda . Menurut saya rnaternatika adalah pelajaran yang mudah dan merupakan ilmu dengan hasil pasti. Nurul : Mungkin karena Anda cerdas sehingga dapat berkata seperti itu. Talitha : Menurut saya, rnaternatika bukanlah misteri yang sulit dipecahkan jika anda mernaharninya dengan sungguh-sungguh. Rafie : Diskusi ini diadakan untuk apa? Maternatika bukanlah suatu hal yang sangat berfungsi. Itu hanyalah sebuah pelajaran teori yang mernbosankan bukan praktik layaknya olahraga dan kornputer. Oki : Maaf ternan-ternan, ini rnerupakan sebuah diskusi bukan sarana adu mulut. Kalian berbicara tanpa etika, terus rnelaju tanpa permisi. Tolong lebih tertib! Semua Anggota : Baik!!! Alifa : Menurut saya, matematika adalah sumber dari segala ilrnu. Kirnia, fisika, bahkan pelajaran memasak sekalipun membutuhkan perhitungan maternatika. Putri : Tolong, jelaskan alasannya dengan teoritis! Vera : Ilmuwan bernarna Kline di tahun 1973 mengemukakan bahwa matematika bukan ilrnu pengetahuan menyendiri yang dapat sempurna karena dirinya sendiri, tetapi adanya matematika itu terutama untuk membantu manusia dalarn memaharni dan menguasai permasalahan ekonomi, sosial, dan alam. Jadi Rafie, apa landasan Anda mengatakan bahwa matematika tidak terlalu berguna? Nurul : Apa ada tujuan yang lebih sederhana dan tidak teoritis seperti apa yang telah Vera katakan? Bitha : Tanpa matematika, komputer tidak akan tercipta karena sesungguhnya kode biner memakai angka nol (0) dan satu (1). Talitha : Tanpa matematika, kita akan berolahraga tanpa hitungan. Bukankah seperti itu, Rafie? Cathel : Baiklah, sepertinya itu merupakan penjelasan yang cukup dan dapat dipahami secara mudah. Alifa : Lalu apa masalahnya sekarang? Putri : Masalahnya adalah mengerti atau tidaknya siswa terhadap rurnus matematika yang keluar di UTS beberapa waktu lalu? Rafie : Adakan saja pembelajaran bersama. Oki : Ide yang bagus. Bagaimana jika kita adakan pembelajaran bersama sepulang sekolah dengan memanfaatkan murid-murid kelas kita? Desy : Memanfaatkan siswa yang ada? Dengan begitu, urusan matematika dapat dipecahkan, ikatan sosial pun akan bertambah. Semua Anggota Setuju!!! Sumber: http://crubicdynamics. 6c. Siapa sajakah yang menjadi tim penyanggah? Buktikanlah!

9

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Bacalah teks berikut ! Kemiskinan Suatu hari Reza tengah asyik berdialog dengan Feri di teras rumahnya. Reza : "Harga barang terus naik, yang miskin makin susah. Kapan Indonesia sejahtera?" Feri : "Padahal kalau kita berbicara kekayaan alam Indonesia, Indonesia itu sebenarnya kaya. Indonesia banyak pertambangan, bahkan pertambangan emas juga ada. Kalau orang Indonesia sendiri bisa mengelolanya, pasti tidak dikuasai asing seperti saat ini. " Reza : "ltulah bukti kalau mau jadi negara yang kaya itu bukan cuma mengandalkan kekayaan alam saja. Namun, kualitas sumber daya manusianya juga harus ditingkatkan." Feri : "Agar kualitas SDM kita meningkat, kualitas pendidikan kita harus ditingkatkan. Biaya pendidikan harus terjangkau agar banyak warga kurang mampu bisa sekolah." Reza : "Faktanya sekarang banyak anak yang tidak bisa sekolah. Banyak warga yang miskin. Padahal kalau kita melihat UUD, pendidikan itu hak setiap warga negara." Feri : "Dalam UUD juga dijelaskan kalau fakir miskin dipelihara negara, tetapi kenapa warga miskin semakin banyak ya?" Reza : "Nah, itu dia. Kalau kamu memelihara ayam, pasti kamu ingin agar ayam kamu semakin banyak kan?'' Feri : "lya. Lalu apa hubungannya?" Reza : "Ya, pantes orang miskin bertambah. Lha orang miskinnya dipelihara." (Sumber: https: // ekspektasia.com/contoh-teks-anekdot/, denganpengubahan) Kata yang memiliki makna idiomatis dalam teks anekdot tersebut adalah .... A. warga miskin B. SDM C. SDA D. pendidikan E. dipelihara

344

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan