Rini P

26 Januari 2022 08:54

Pertanyaan

Kelinci Kesayangan Dayu Dayu senang memelihara kelinci. Tingkahnya lucu dan memiliki bulu yang halus. Kelinci peliharaan Dayu ada lima ekor, terdiri dari satu ekor induk dan empat anaknya. Induk kelinci berwarna putih, dua anak kelinci berwana putih, dan dua lainnya berwarna abu-abu. Dayu menyiapkan kandang yang nyaman untuk kelinci kesayangannya. Dayu selalu membersihkan kandang kelinci dengan rutin. Setiap hari Dayu memberi makan dan minum. Kelinci suka makan sayur-sayuran seperti wortel, kangkung, dan biskuit khusus kelinci. Dayu juga membersihkan badan kelinci dan memotong kukunya dengan rutin. Kelinci-kelinci Dayu tumbuh sehat dan bersih. Dayu senang menggendong dan membelai kelinci-kelinci itu. Sungguh menyenangkan bermain bersama kelinci peliharaan. Apa yang dilakukan Dayu?


6

1

Jawaban terverifikasi

R. Adawiyah

Mahasiswa/Alumni Universitas Jember

01 Februari 2022 00:41

Jawaban terverifikasi

Halo, Rini P, terima kasih sudah bertanya di Roboguru. Kakak bantu jawab ya. Yang dilakukan Dayu adalah menyiapkan kandang yang nyaman, membersihkan kandang, memberi makan dan minum, serta membersihkan badan kelinci dan memotong kuku kelinci dengan rutin. Untuk memahami alasan jawaban tersebut, silakan cermati pembahasan berikut. Informasi merupakan sekumpulan fakta yang menggambarkan sebuah peristiwa atau kejadian tertentu. Informasi bermanfaat agar kita mengetahui atau memahami suatu hal. Adapun macam-macam informasi sebagai berikut: 1) Informasi tersurat, yaitu informasi yang biasanya sudah tertulis secara langsung dalam suatu teks atau bacaan. 2) Informasi tersirat, yaitu informasi yang tidak tertulis secara langsung dalam teks, sehingga perlu melalui proses pengambilan simpulan dari informasi tersebut. Berdasarkan pemaparan tersebut, yang dilakukan Dayu adalah menyiapkan kandang yang nyaman, membersihkan kandang, memberi makan dan minum, serta membersihkan badan kelinci dan memotong kuku kelinci dengan rutin. Hal ini tertulis secara langsung dalam teks di atas meliputi kalimat-kalimat sebagai berikut. 1) Dayu menyiapkan kandang yang nyaman untuk kelinci kesayangannya. 2) Dayu selalu membersihkan kandang kelinci dengan rutin. 3) Setiap hari Dayu memberi makan dan minum. 4) Dayu juga membersihkan badan kelinci dan memotong kukunya dengan rutin. Dengan demikian, yang dilakukan Dayu adalah menyiapkan kandang yang nyaman, membersihkan kandang, memberi makan dan minum, serta membersihkan badan kelinci dan memotong kuku kelinci dengan rutin. Semoga membantu.


ask to forum

Belum menemukan jawaban?

Tanya soalmu ke Forum atau langsung diskusikan dengan tutor roboguru plus, yuk

Tanya ke Forum

Pertanyaan serupa

Buku ini berisi cerita persahabatan antara Jolly, si Peternak dengan ternak-ternaknya. Suatu hari, di peternakan Jolly, segala sesuatu tidak berjalan seperti biasanya. Sapi memperoleh makanan yang tak seperti biasanya. Domba tak bisa pulang karena tak ada yang menjemput. Si Angsa terkunci dalam pagar dan tak bisa keluar. Jolly si peternak kelelahan karena tak sanggup mengurus peternakannya. Namun, ternak lainnya Read pun membantu Jolly untuk mengatasi masalah pada hari itu. Jolly memahami keinginan dan impian hewan ternaknya, yaitu bisa terbang dan berkelana di udara. Jolly si peternak pun berusaha membuat pesawat sederhana. Kemudian, Jolly menerbangkan ternaknya satu per satu untuk merasakan indahnya berkelana di udara. Para ternak pun merasa bahagia. Klasifikasikan informasi yang disajikan buku tersebut ke dalam aspek apa, kapan, siapa, dimana, mengapa, bagaimana

89

0.0

Jawaban terverifikasi