R N

01 Februari 2022 12:42

Iklan

Iklan

R N

01 Februari 2022 12:42

Pertanyaan

Kelelawar yang Pengecut Di sebuah padang rumput di Afrika, Singa sedang menyantap makanannya. Tiba-tiba Elang menyambar makanan Singa. "Kurang ajar," kata Singa. Sang Raja Hutan marah. Ia memerintahkan seluruh hewan untuk menyatakan perang terhadap burung. "Mulai sekarang segala jenis burung adalah musuh kita!" kata Singa. Hewan lain setuju sebab mereka merasa telah diperlakukan sama oleh bangsa burung. Ketika malam mulai tiba, Singa dan anak buahnya menyerang burung. Burung-burung melarikan diri. Melihat bangsa burung kalah, Kelelawar cemas. Ia bergegas menemui Singa. Kelelawar berkata, "Sebenarnya aku termasuk bangsa tikus walau aku punya sayap. lzinkan aku bergabung dengan kelompokmu." Tanpa berpikir panjang Singa pun menyetujui Kelelawar masuk dalam kelompoknya. Menjelang pagi, saat Singa beristirahat, kolompok burung menyerang balik dengan melempari kelompok singa dengan batu. "Awas hujan batu!" kelompok Singa berlarian. Kelelawar kembali cemas, ia berpikiran untuk kembali bergabung dengan kelompok burung. Ia menemui Elang. "Lihatlah sayapku, aku ini seekor burung seperti kalian." Elang menerima Kelelawar dengan senang hati. Pertempuran berlanjut. Kera-kera menunggang Gajah atau Badak sambil memegang busur dan anak panah. Setelah kelompok singa menang, apa yang dilakukan Kelelawar? Ia bolak-balik berpihak kepada kelompok yang menang. Sifat pengecut dan tidak berpendirian yang dimil iki Kelelawar lama kelamaan diketahui oleh kelompok singa dan kelompok burung. Kedua kelompok sadar, tidak ada gunanya saling bermusuhan. Setelah berdamai, mereka mengusir Kelelawar. Kelelawar merasa sangat malu. Ia pun bersembunyi di gua-gua yang gelap. Ia baru menampakkan diri bila malam tiba dengan cara sembunyi-sembunyi. Apa pesan cerita di atas?


2

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

N. Dwi

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

03 Februari 2022 23:59

Jawaban terverifikasi

Halo, R N. Terima kasih sudah bertanya di Roboguru. Kakak bantu jawab, ya. Pesan cerita di atas adalah jangan menjadi pribadi yang pengecut dan tidak teguh pendirian karena akan menyebabkan tidak punya teman. Untuk memahami jawaban tersebut, berikut pembahasannya. Fabel adalah sebuah karya sastra bentuk prosa yang menceritakan kehidupan tentang bi-natang sebagai tokoh ceritanya. Fabel merupakan jenis teks nonfiksi sehingga ceritanya hasil dari imajinasi atau khayalan. Fabel biasanya dibaca untuk menghibur anak-anak. Sebuah cerita fantasi memiliki unsur pembangun yang disebut dengan unsur intrinsik dan ekstrinsik. Unsur intrinsik berhubungan dengan isi cerita (tokoh, penokohan, tema, latar, dan amanat/pesan). Sementara itu, unsur ekstrinsik berhubungan dengan di luar isi cerita (riwayat penulis, nilai, latar belakang penulis). Pesan atau amanat merupakan sesuatu yang ingin disampaikan oleh pengarang dalam cerita. Pesan biasanya bersifat tersirat sehingga harus membaca dan memahami isi sebuah cerita dengan baik untuk menemukannya. Berdasarkan penjelasan, pesan yang disampaikan sesuai dengan teks fabel di atas adalah "jangan menjadi pribadi yang pengecut dan tidak teguh pendirian karena akan menyebabkan tidak punya teman." Hal tersbeut sesuai dengan isi teks fabel di atas yang menceritakan akhir cerita kelelawar yang diusir oleh kelompok singa dan burung dan tidak memiliki teman. Penjelasan tersbeut terdapat pada kutipan "Setelah berdamai, mereka mengusir Kelelawar. Kelelawar merasa sangat malu. Ia pun bersembunyi di gua-gua yang gelap. Ia baru menampakkan diri bila malam tiba dengan cara sembunyi-sembunyi." Dengan demikian, pesan cerita di atas adalah jangan menjadi pribadi yang pengecut dan tidak teguh pendirian karena akan menyebabkan tidak punya teman. Semoga membantu ya :)


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Dalam teks eksplanasi, pernyataan umum, isi, dan penutup harus berkaitan dan saling ... . a. memahami b. mendorong c. menggambarkan d. menjelaskan

84

1.0

Jawaban terverifikasi