Iklan

Iklan

Diandra D

24 Mei 2022 14:35

Pertanyaan

Keberingasan bangsa merupakan akibat kealpaan penutur asli bahasa Jawa yang telah mengabaikan stratifikasi bahasa yang sudah tertata rapi. Jeda yang benar bagi pengucapan kalimat tersebut adalah .... A. Keberingasan bangsa merupakan/ akibat kealpaan penutur asli bahasa Jawa yang/ telah mengabaikan stratifikasi bahasa/ yang sudah tertata rapi. B. Keberingasan bangsa/ merupakan akibat kealpaan penutur asli bahasa Jawa/ yang telah mengabaikan stratifikasi bahasa/ yang sudah tertata rapi. C. Keberingasan bangsa merupakan akibat/ kealpaan penutur asli bahasa Jawa yang/ telah mengabaikan stratifikasi/ bahasa yang sudah tertata rapi. D. Keberingasan bangsa/ merupakan akibat kealpaan/ penutur asli bahasa Jawa/ yang telah mengabaikan stratifikasi bahasa yang sudah tertata rapi. E. Keberingasan bangsa merupakan akibat/ kealpaan penutur asli bahasa Jawa/ yang telah mengabaikan stratifikasi bahasa/ yang sudah tertata rapi.


151

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

N. Dwi

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

23 Agustus 2022 15:40

Jawaban terverifikasi

Jawaban yang benar adalah B. Untuk memahami jawaban tersebut, perhatikan pembahasan berikut. Menurut KBBI, jeda adalah waktu berhenti (mengaso) sebentar, waktu beristirahat di antara dua kegiatan atau dua babak (seperti dalam olahraga dan sebagainya), serta hentian sebentar dalam ujaran (sering terjadi di depan unsur kalimat yang mempunyai isi informasi yang tinggi atau kemungkinan yang rendah). Fungsi jeda dalam kalimat, yaitu: a) menentukan pesan yang disampaikan, b) memudahkan pendengar memahami pesan, c) menandakan batasan kalimat, dan d) mengatur nafas saat membaca. Berdasarkan penjelasan, jeda yang benar untuk pengucapan kalimat tersebut adalah "Keberingasan bangsa/ merupakan akibat kealpaan penutur asli bahasa Jawa/ yang telah mengabaikan stratifikasi bahasa/ yang sudah tertata rapi." Jeda tersebut menyampaikan definisi keberingasan bangsa supaya pendengar memahami hal tersebut. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.


Iklan

Iklan

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Chat Tutor

Pertanyaan serupa

lndustri tekstil dan garmen saatini menjadi industri strategis bagi perekonomian Negara mengingat Indonesia memiliki 250 juta penduduk. lndustri ini merupakan sektor manufaktur terbesar ketiga dan menjadi salah satu industri yang paling banyak menyerap tenaga kerja. Pada tahun 2017, ekspor tekstil dan produk tekstillndonesia mencapai US$12,4 miliar yang mana melebihi target Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) sebesar US$ 11,8 miliar. Pakaian jadi (konveksi) merupakan salah satu andalan ekspor nonmigas Indonesia. Nilai ekspor konveksi tekstil tersebut merupakan terbesar ketiga setelah batu bara US$ 20,63 miliar dan minyak sawit US$ 17,89 miliar. Data Badan Pusat Statistik mencatat nilai ekspor pakaian jadi nasional ke AS sepanjang 2018 mencapai US$ 3,78 miliar (Rp52,87 triliun) tumbuh 9,3% dari tahun sebelumnya. Negara tujuan ekspor konveksi terbesar kedua adalah Jepang dengan nilai US$ 740,9 juta dan ketiga adalah Jerman dengan nilai US$ 372,48 juta. Berdasarkan paragraf 1, manakah di bawah ini pernyataan yang BENAR? A. lndustri tekstil dan garmen menyerap 250 juta tenaga kerja. B. lndustri tekstil termasuk tiga besar sektor manufaktur Indonesia. C. lndustri tekstil berhasil mengekspor produk senilai US$ 11,8 miliar. D. lndustri tekstil merupakan kebutuhan pokok seluruh rakyat Indonesia. E. lndustri tekstil tanah air dipantau oleh Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API).

22

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan