Iklan

Iklan

Gus M

08 November 2020 13:56

Pertanyaan

kak, bagaimana proses reproduksi dari jamur lendir?


47

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

A. Nurrahmi

Mahasiswa/Alumni Institut Pertanian Bogor

20 Maret 2022 17:18

Jawaban terverifikasi

Halo Gus, Kakak bantu jawab ya :) Proses reproduksi jamur lendir tidak bersekat (Myxomycota) dapat dilakukan secara aseksual atau seksual. Yuk Kita bahas! Jamur lendir merupakan anggota dari kingdom Protista, dan termasuk Protista mirip jamur. Jamur lendir terbagi atas dua jenis yaitu jamur lendir tidak bersekat (Myxomycota) dan jamur lendir bersekat. Jamur lendir tidak bersekat disebut juga plasmodium. Plasmodium ini pada fase vegetatifnya merupakan sel dengan banyak inti atau disebut super sel. Plasmodium ini terbentuk dari mitosis berulang tanpa adanya sitokinensis. Proses reproduksi aseksual jamur lendir tidak bersekat dimulai ketika plasmodium (jamur lendir tidak bersekat) dengan banyak inti bersiap membentuk tubuh buah dan membentuk struktur tubuh buah kusus berbentuk seperti batang dan memiliki ujung berupa kantung sporangium. Proses pembentukan sporangium ini terjadi apabila kondisi lingkungan tidak menguntungkan. Di dalam sporangium, spora haploid (n) kemudian dihasilkan melalui pembelahan meiosis. Spora kemudian menyebar di udara, dan akan berkecambah apabila kondisi lingkungan menguntungkan. Spora yang berkecambah dapat berkembang menjadi sel motil amuboid (n) atau berflagel (n). Kedua jenis sel ini (amuboid dan berflagel) bersifat motil atau dapat bergerak dan dapat melakukan fertilisasi atau reproduksi seksual. Selain itu, sel amuboid dapat berubah bentuk menjadi sel berflagel atau sebaliknya. Reproduksi seksual kedua jenis sel ini dapat terjadi secara singami. Reproduksi seksual ini menghasilkan zigot diploid (2n), yang kemudian akan mengalami mitosis secara berulang tanpa sitokinesis menghasilkan sel berinti banyak kembali. Semoga jawabannya membantu ya!


Iklan

Iklan

Tomas G

11 November 2020 03:42

Jamur lendir (Myxomycota dan Acrasiomycota). Pada fase vegetatif berbentuk lendir/plasmodium mirip ameba, yaitu bergerak mengelilingi makanan dan pencernanya di vakuola makanan.


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Selain mempelajari ilmu botani, seorang petani yang akan menyerbukan tanamannya agar dapat berbuah sebaiknya mempelajari juga ilmu

368

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan