Irema O

27 Mei 2022 14:11

Iklan

Iklan

Irema O

27 Mei 2022 14:11

Pertanyaan

Jika anda memiliki nilai perbedaan kadar O2 di arteri dan vena, data volume darah laju detak jantung, dan jumlah oksigen yang dikonsumsi setiap menit, maka anda dapat mengukur hal-hal berikut ini, KECUALI: A. jumlah oksigen yang dibutuhkan oleh jaringan tubuh setiap menitnya B. volume dari cardiac output (jumlah total darah yang di pompa selama satu menit) C. stroke volume (jumlah darah yang di pompa jantung sekali kontraksi) D. jumlah sel darah merah yang ada di dalam darah E. laju metabolisme


4

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

S. SheilaTeacherAssisstant

Mahasiswa/Alumni Universitas Pancasila

07 Oktober 2022 19:20

Jawaban terverifikasi

<p><strong>Jawaban:</strong> E. laju metabolisme.</p><p>&nbsp;</p><p><strong>Pembahasan:</strong></p><p><strong>Oksigenasi jaringan yang adekuat adalah</strong> tercapainya keseimbangan antara suplai/pasokan dan kebutuhan oksigen sampai di tingkat seluler.&nbsp;</p><p>Jantung dan pembuluh darah menentukan penghantaran oksigen ke jaringan sedangkan sirkulasi pulmonal menentukan pertukaran gas. Kedua sistem ini membentuk suatu kerjasama yang akan menjadi penentu status hemodinamik. Pemantauan hemodinamik merupakan segala upaya yang dilakukan dalam mengatur dan mengintervensi parameter kardiovaskular yang menjadi variabel oksigenasi jaringan.</p><p>&nbsp;</p><p><strong>Pasokan Oksigen (</strong><i><strong>Oxygen Delivery</strong></i><strong>/DO<sub>2</sub>)</strong> adalah jumlah oksigen yang dipersiapkan dalam rangka pemenuhan kebutuhan <strong>metabolik tubuh</strong>, mempertahankan respirasi jaringan yang aerob dan mengeluarkan karbondioksida. <strong>Oksigen suplai</strong> merupakan <strong>hasil kalkulasi dari curah jantung dan jumlah oksigen dalam tiap 100 ml darah arteri (kandungan oksigen). Kandungan oksigen dihitung dari perkalian nilai hemoglobin dengan saturasi oksigen dalam darah arteri.</strong></p><p>&nbsp;</p><p><strong>Rasio oksigen ekstraksi adalah fraksi dari oksigen yang disuplai melalui kapiler, yang dikonsumsi oleh jaringan. </strong>Normalnya hanya sejumlah 25% dari suplai oksigen yang diambil oleh jaringan. Sisanya 75% akan kembali ke sirkulasi paru dan kandungan oksigen dalam arteri pulmonalis disebut<strong> saturasi </strong><i><strong>mixed vein</strong></i><strong>.&nbsp;</strong></p><p>&nbsp;</p><p><strong>Parameter dan perangkat pemantau hemodinamik, terdiri dari:</strong></p><ol><li><strong>Nilai curah jantung (</strong><i><strong>Cardiac Output</strong></i><strong>). </strong>Parameter klinis dapat dijadikan acuan untuk menilai kecukupan curah jantung dalam memenuhi suplai oksigen.<strong>&nbsp;</strong></li><li><strong>Parameter hemodinamik meliputi: </strong>Indeks jantung, indeks sekuncup, indeks resistensi vaskular sistemik, indeks kerja sekuncup ventrikel kiri, indeks kerja sekuncup ventrikel kanan, kandungan oksigen arteri (CaO<sub>2</sub>), suplai oksigen (DO<sub>2</sub>), konsumsi oksigen sesuai prinsip Fick (VO<sub>2</sub>) dan rasio ekstraksi oksigen (O<sub>2</sub>ER).</li></ol><p>Data-data tersebut di atas dapat pula menghitung jumlah sel darah merah, karena transportasi oksigen adalah sel darah merah, sedangkan untuk laju metabolisme masih membutuhkan data-data pendukung lain seperti detak jantung, produksi sel, pernafasan, pemeliharaan suhu tubuh, sirkulasi, dan pengolahan nutrisi.</p><p>&nbsp;</p><p><strong><u>Dengan demikian, jika anda memiliki nilai perbedaan kadar O</u><sub><u>2</u></sub><u> di arteri dan vena, data volume darah laju detak jantung, dan jumlah oksigen yang dikonsumsi setiap menit, maka anda dapat mengukur hal-hal berikut ini, KECUALI E. laju matebolisme.</u></strong></p>

Jawaban: E. laju metabolisme.

 

Pembahasan:

Oksigenasi jaringan yang adekuat adalah tercapainya keseimbangan antara suplai/pasokan dan kebutuhan oksigen sampai di tingkat seluler. 

Jantung dan pembuluh darah menentukan penghantaran oksigen ke jaringan sedangkan sirkulasi pulmonal menentukan pertukaran gas. Kedua sistem ini membentuk suatu kerjasama yang akan menjadi penentu status hemodinamik. Pemantauan hemodinamik merupakan segala upaya yang dilakukan dalam mengatur dan mengintervensi parameter kardiovaskular yang menjadi variabel oksigenasi jaringan.

 

Pasokan Oksigen (Oxygen Delivery/DO2) adalah jumlah oksigen yang dipersiapkan dalam rangka pemenuhan kebutuhan metabolik tubuh, mempertahankan respirasi jaringan yang aerob dan mengeluarkan karbondioksida. Oksigen suplai merupakan hasil kalkulasi dari curah jantung dan jumlah oksigen dalam tiap 100 ml darah arteri (kandungan oksigen). Kandungan oksigen dihitung dari perkalian nilai hemoglobin dengan saturasi oksigen dalam darah arteri.

 

Rasio oksigen ekstraksi adalah fraksi dari oksigen yang disuplai melalui kapiler, yang dikonsumsi oleh jaringan. Normalnya hanya sejumlah 25% dari suplai oksigen yang diambil oleh jaringan. Sisanya 75% akan kembali ke sirkulasi paru dan kandungan oksigen dalam arteri pulmonalis disebut saturasi mixed vein

 

Parameter dan perangkat pemantau hemodinamik, terdiri dari:

  1. Nilai curah jantung (Cardiac Output). Parameter klinis dapat dijadikan acuan untuk menilai kecukupan curah jantung dalam memenuhi suplai oksigen. 
  2. Parameter hemodinamik meliputi: Indeks jantung, indeks sekuncup, indeks resistensi vaskular sistemik, indeks kerja sekuncup ventrikel kiri, indeks kerja sekuncup ventrikel kanan, kandungan oksigen arteri (CaO2), suplai oksigen (DO2), konsumsi oksigen sesuai prinsip Fick (VO2) dan rasio ekstraksi oksigen (O2ER).

Data-data tersebut di atas dapat pula menghitung jumlah sel darah merah, karena transportasi oksigen adalah sel darah merah, sedangkan untuk laju metabolisme masih membutuhkan data-data pendukung lain seperti detak jantung, produksi sel, pernafasan, pemeliharaan suhu tubuh, sirkulasi, dan pengolahan nutrisi.

 

Dengan demikian, jika anda memiliki nilai perbedaan kadar O2 di arteri dan vena, data volume darah laju detak jantung, dan jumlah oksigen yang dikonsumsi setiap menit, maka anda dapat mengukur hal-hal berikut ini, KECUALI E. laju matebolisme.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Ciri ciri vertebrata yang hanya dimiliki oleh Aves adalah

976

5.0

Jawaban terverifikasi