Angginy B

14 Januari 2020 12:57

Pertanyaan

Jelaskan tentang protista?


8

2

Jawaban terverifikasi

A. Nurrahmi

Mahasiswa/Alumni Institut Pertanian Bogor

27 Desember 2021 08:19

Jawaban terverifikasi

Halo Angginy B, Kakak bantu jawab ya :) Protista adalah organisme eukariot (memiliki membran inti dan organel bermembran lainnya) berukuran kecil, yang sebagian besar terdiri sari 1 sel (uniseluler), namun ada pula yang multiseluler ataupun berkoloni. Protista bukanlah tumbuhan, hewan, ataupun jamur. Protista sangatlah beragam, bahkan sebagian besar organisme eukariot (domain eukarya) adalah kelompok protista. Karena sangat beranekaragam, protista dikelompokkan menjadi protista mirip hewan, protista mirip tumbuhan, dan protista mirip jamur. Protista mirip hewan diantaranya kelompok Flagellata yang memiliki alat gerak berupa flagel, Ciliata yang memiliki alat gerak berupa silia, Rhizopoda yang bergerak menggunakan kaki semu, dan Sporozoa yang berkembang biak dengan spora. Protista mirip tumbuhan diantaranya berbagai jenis alga. Beberapa alga memiliki pigmen fotosintetik sehingga dapat melakukan fotosintesis dan merupakan organisme autotrof, misalnya saja ganggang hijau dan ganggang merah. Protista mirip jamur diantaranya jamur lendir dan jamur air yang memiliki struktur mirip jamur (hifa). Protista mirip jamur memiliki alat gerak, tidak seperti jamur. Karena protista sangat beranekaragam, protista dapat ditemukan di berbagai habitat, dan peranannya pun sangat luas, menguntungkan ataupun merugikan. Semoga membantu ya!


Iklan

Meutia.Iw M

17 Januari 2020 12:55

Protista diklasifikasikan menjadi 3 kelompok : 1. Protista spt hewan / Protozoa 2. Protista spt tumbuhan / Algae 3. Protista spt jamur Ciri umum Protozoa : - Eukariotik, Uniseluler - Bersifat Heterotrof - Umumnya memiliki alat gerak - Hidup di air/tubuh hewan Ciri umum Algae : - Ada yg uniseluler/multiseluler - Tubuh algae multiseluler disebut Talus - Hidup diperairan (tawar/asin) - Fotosintesis, karena berklorofil - Memiliki pigmen tambahan Ciri umum Jamur : - Menghasilkan spora - Jamur Parasit (hidup di air = pengurai bersel 1) - Jamur Predator (mirip amoeba&berlendir)


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Chat Tutor

Pertanyaan serupa

Permisi kak izin bertanya apa fungsi dari sistem Peralihan,Oriental,dan Australis pada flora dan fauna? Dan mengapa Indonesia memiliki sistem tersebut? Terima Kasih

25

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan