Muhammad C

17 Juli 2020 02:31

Pertanyaan

jelaskan proses terjadinya menstruasi dan hormon yg berperan


12

2

Jawaban terverifikasi

A. Ertando

01 Maret 2022 15:15

Jawaban terverifikasi

Halo Muhammad C, kakak coba bantu jawab ya :) Proses menstruasi dan hormon yang berperan adalah sebagai berikut. 1. Fase menstruasi yang terjadi karena ovum tidak dibuahi oleh sperma sehingga korpus luteum (massa jaringan kuning di dalam ovarium) akan menghentikan produksi hormon yang bernama estrogen dan progesteron. Turunnya kadar estrogen dan progesteron menyebabkan lepasnya ovum dari dinding uterus (endometrium) yang menebal. Setelah ovum lepas, endometrium menjadi sobek dan meluruh, sehingga dindingnya juga menjadi menipis. 2. Fase poliferasi ditandai dengan hipotalamus mengeluarkan hormon gonadotropin yang merangsang hipofisis mengeluarkan FSH (๐˜๐˜ฐ๐˜ญ๐˜ญ๐˜ช๐˜ค๐˜ญ๐˜ฆ ๐˜š๐˜ต๐˜ช๐˜ฎ๐˜ถ๐˜ญ๐˜ข๐˜ต๐˜ช๐˜ฏ๐˜จ ๐˜๐˜ฐ๐˜ณ๐˜ฎ๐˜ฐ๐˜ฏ๐˜ฆ). Adanya FSH merangsang pembentukan folikel primer di dalam ovarium yang mengelilingi satu oosit primer. Folikel primer dan oosit primer akan tumbuh sampai hari ke-14 hingga folikel menjadi matang atau disebut folikel ๐˜ฅ๐˜ฆ ๐˜Ž๐˜ณ๐˜ข๐˜ง๐˜ง dengan ovum di dalamnya. Folikel ini juga melepaskan hormon estrogen yang menyebabkan pembentukan kembali sel-sel penyusun dinding dalam uterus atau endometrium. 3. Fase ovulasi ditandai dengan peningkatan kadar estrogen yang menghambat pengeluaran FSH. Kemudian hipofisis mengeluarkan LH (๐˜“๐˜ถ๐˜ต๐˜ฆ๐˜ช๐˜ฏ๐˜ช๐˜ป๐˜ช๐˜ฏ๐˜จ ๐˜๐˜ฐ๐˜ณ๐˜ฎ๐˜ฐ๐˜ฏ๐˜ฆ). Peningkatan kadar LH merangsang pelepasan oosit sekunder dari folikel (ovulasi). Setelah ovulasi, folikel akan berubah menjadi korpus luteum yang dapat menghasilkan hormon progesteron. Progesteron mendukung kerja estrogen untuk mempertebal dan menumbuhkan pembuluh-pembuluh darah pada endometrium serta mempersiapkan endometrium untuk menerima pelekatan embrio jika terjadi pembuahan atau kehamilan. Jika tidak terjadi pembuahan, korpus luteum akan berubah menjadi korpus albikan yang hanya sedikit mengeluarkan hormon, sehingga kadar progesteron dan estrogen menjadi rendah. Keadaan ini menyebabkan terjadinya menstruasi demikian seterusnya. Semoga jawabannya membantu ya!


Nadya S

18 Juli 2020 05:43

Proses keluarnya darah dari dalam tubuh akibat meluruhnya dinding endometrium Karena sel telur/ ovum yang tidak dibuahi. Disebabkan oleh turun naiknya kadar hormon Hormon yang berperan : 1. Folikel Stimulating Hormon / SFH. 2. Esterogen 3. Luteinizing Hormon/LH 4. Progesteron


ask to forum

Belum menemukan jawaban?

Tanya soalmu ke Forum atau langsung diskusikan dengan tutor roboguru plus, yuk

Tanya ke Forum

Pertanyaan serupa

mengapa tumbuhan dan hewan yang dikembangkan pada teknologi reproduksi merupakan produk-produk pertanian dan peternakan?

36

0.0

Jawaban terverifikasi