Iklan

Iklan

Tiara Z

24 September 2020 02:58

Pertanyaan

jelaskan proses terjadinya listrik hingga sampai ke konsumen


47

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Dinda A

16 Februari 2022 14:39

Jawaban terverifikasi

Halo Tiara, kakak coba bantu jawab ya. Alur distribusi listrik sampai ke rumah yaitu dari pembangkit, transmisi, distribusi, hingga ke konsumen industri dan rumah tangga. Pembangkit listrik kapasitas besar biasanya menghasilkan daya listrik dengan tegangan 6-24 kV(kiloVolt), kemudian dinaikan tegangannya di Gardu Induk oleh trafo step-up (penaik tegangan) menjadi 70 kV dan 150 kV untuk tegangan tinggi dan 500 kV untuk tegangan ekstra tinggi (TET). Dari gardu pembangkit, listrik akan dialirkan ke jaringan transmisi dengan tegangan yang sudah dinaikan. Alasan menaikan tegangan adalah untuk menurunkan arus agar meminimalisir loss daya. Tegangan 150 kV ini akan masul ke industri skala besar. Selain langsung ke tegangan besar, tegangan ini masuk ke Gardu Induk untuk diturunkan menjadi 20 kV dan bisa langsung digunakan oleh industri skala menengah. Alur berikutnya adalah daya listrik dengan tegangan 20 kV dialirkan ke trafo distribusi (step-down) untuk diturunkan lagi menjadi 380 volt atau 220 volt. Tegangan 220 volt inilah yang masuk ke rumah dan dipergunakan untuk menyalakan listrik.


Iklan

Iklan

David M

27 September 2020 10:11

proses terjadi listrik dimulai dari pembangkit listrik.bisa PLTA,PLTD PLTN dan lain lain. setelah itu listrik ini dihantar ke transformator penaik tegangan agar dinaikan sehingga 200kv lalu diantar ke SUTET yaitu saluran udara tegangan ekstra tinggi disini akan dinaikan lagi sampai 500kv. lalu ke transformator dan disini tegangan listrik akan diturunkan lalu akan diantar lagi ke gardu induk dan tegangan listrik akan menjadi 220v dan sampai dah di rumah kita.


David M

27 September 2020 10:19

maaf ada yang salah transformator seharusnya menaikan tegangan sampai 500 kv kalau sutet kayaknya cuma mengalirkan tidak menaikan tegangan. transformator akan menurunkan tegangan sampai 20kv lalu diantar kan ke gardu distribusi bukan gardu induk.

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

apa fungsi sperma

1

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan