Nisrina A

23 Oktober 2021 00:40

Iklan

Iklan

Nisrina A

23 Oktober 2021 00:40

Pertanyaan

Jelaskan kelainan yang terjadi pada sistem pencernaan


1

3

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Owen.LulusanCumlaude O

Community

23 Oktober 2021 07:20

Jawaban terverifikasi

Kelainan : 1 Tukak Lambung --> Tukak lambung merupakan keadaan dimana dinding lambung terluka.  2 Diare --> Gangguan ini terjadi karena selaput dinding usus besar si penderita mengalami iritasi. 3 Gastritis --> Gastritis merupakan penyakit atau gangguan dimana dinding lambung mengalami peradangan. 4 Maag --> Maag merupakan penyakit atau gangguan sistem pencernaan yang ditandai dengan adanya rasa perih pada dinding lambung, selain itu maag juga disertai dengan adanya rasa mual dan perut menjadi kembung. 5 Sembelit --> Sembelit merupakan salah satu gangguan pada sistem pencernaan dimana si penderita akan mengeluarkan fases yang keras.


Iklan

Iklan

E. Aritonang

27 Oktober 2021 03:12

Jawaban terverifikasi

Hai Nisrina, kakak bantu jawab ya. Gangguan atau kelainan sistem pencernaan adalah masalah yang terjadi pada saluran atau organ yang terlibat dalam pencernaan. Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari infeksi hingga naiknya asam lambung. Gejala gangguan sistem pencernaan bervariasi, mulai dari yang ringan hingga yang berat. Gangguan sistem pencernaan yang umum ditemui : 1. Diare Diare adalah peningkatan frekuensi buang air besar (BAB) lebih dari 3 kali dalam sehari disertai perubahan konsistensi menjadi lebih cair. Kondisi ini bisa disebabkan oleh perubahan pola makan, infeksi rotavirus, atau bakteri. Diare bisa berlangsung selama beberapa hari hingga berminggu-minggu. Diare menyebabkan perubahan frekuensi dan konsistensi BAB, mengalami kram perut, demam, kembung, dan mual. 2. Sembelit (konstipasi) Sembelit (konstipasi) adalah perubahan frekuensi BAB menjadi lebih jarang dan disertai dengan kesulitan BAB. Hal ini bisa disebabkan oleh menurunnya pergerakan usus. Umumnya seseorang dianggap mengalami sembelit ketika frekuensi buang air besarnya kurang dari 3 kali dalam seminggu. 3. Wasir (hemoroid) Wasir terjadi ketika pembuluh darah vena yang terletak di luar atau di dalam saluran anuss (rektum) mengalami pembengkakan. Penyakit ini bisa terjadi pada siapa saja, namun sekitar 50% penderitanya berusia di atas 50 tahun. Wasir dapat menimbulkan nyeri dan gatal pada anuss, benjolan di anuss, keluarnya darah ketika BAB, dan sulit untuk duduk. 4. GERD Gastroesophageal reflux disease (GERD) atau penyakit asam lambung terjadi ketika asam lambung naik menuju kerongkongan. Kondisi ini disebabkan oleh melemahnya katup (sfingter) yang terletak di dalam saluran kerongkongan bagian bawah. 5. Tukak lambung Tukak lambung adalah luka pada lapisan lambung dan usus halus bagian atas. Pengikisan dan luka tersebut umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri Helicobacter pylori atau penggunaan obat pereda nyeri dalam jangka panjang. Umumnya tukak lambung menimbulkan nyeri ulu hati. Semoga membantu ya.


Owen.LulusanCumlaude O

Community

23 Oktober 2021 07:20

Semoga membantu yaa ^^


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Kemungkinan keturunan anak laki-laki mengalami buta warna dari pernikahan seorang laki-laki normal dengan seorang wanita buta warna ialah...

616

5.0

Jawaban terverifikasi