Hilda M

16 Januari 2020 08:47

Pertanyaan

jelaskan dengan teori kemagnetan mengapa magnet yg dipukul , di panaskan dan di aliri magnet AC dapat menghilangkan sifat kemagnetan nya ??


10

1

Jawaban terverifikasi

R. Manzilah

Mahasiswa/Alumni UIN Syarif Hidayatullah

24 Desember 2021 00:09

Jawaban terverifikasi

Halo Hilda, kakak bantu jawab yah.. :) Cara menghilangkan kemagnetan suatu magnet bisa dengan dipukul, dipanaskan atau dialiri arus AC. Magnet yang dipukul akan menyebabkan perubahan susunan magnet elementernya sehingga susunan magnet elementernya menjadi tidak teratur dan tidak searah, jika susunan magnet tersebut berubah maka sifat kemagnetan benda itu akan hilang. cara kedua adalah dengan memanaskan magnet tersebut. Magnet yang dipanaskan akan mengalami penambahan energi. karena energinya bertambah magnet elementernya menjadi tidak teratur dan tidak searah lagi. sehingga sifat kemagnetannya bisa hilang. cara ketiga adalah dengan menggunaan arus AC atau arus bolak balik. Perubahan arah arus listrik memengaruhi letak dan arah magnet elementer. Apabila letak dan arah magnet elementer berubah, sifat kemagnetannya akan hilang. Semoga membantu.


Iklan

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Chat Tutor

Pertanyaan serupa

dua buah muatan listrik memiliki besar yang sama yaitu 6 coulomb.Jika Gaya coulomb yang terjadi antra dua muatan tadi adalah 1,6N,tentukan jarak pisah kedua muatan tersebut!

108

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan