Akane W

11 April 2022 17:35

Iklan

Iklan

Akane W

11 April 2022 17:35

Pertanyaan

Jelaskan dan gambarkan melalui grafik bagaimana keseimbangan dalam suatu pasar barang produk hasil perikanan bila terjadi perubahan berikut : c. permintaan tetap, penawaran bertambah. .


1

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

B. Setiawan

Mahasiswa/Alumni UIN Sumatera Utara

17 April 2022 11:04

Jawaban terverifikasi

Halo Akane, kakak bantu jawab yaa :) Jawaban: Saat permintan tetap dan penawaran bertambah maka jumlah keseimbangan akan bertambah sementara harga keseimbangan akan menurun. Penjelasan: Permintaan adalah jumlah barang yang diminta pada berbagai tingkat harga. Sementara penawaran adalah jumlah barang yang ditawarkan pada berbagai tingkat harga. Saat permintaan bertemu dengan penawaran maka terjadilah keseimbangan pasar. Saat permintaan tetap dan penawaran bertambah maka jumlah keseimbangan akan meningkat dan terjadi kelebihan penawaran. Kondisi ini disebut excess supply atau kelebihan penawaran. Saat terjadi kelebihan penawaran maka akan terjadi kelebihan stok. Biasanya saat terjadi kelebihan stok ini, barang menjadi tidak laku sehingga produsen akan menurunkan harga sehingga harga keseimbangan akan turun. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar grafik di bawah ini. Sebelum penawaran meningkat, keseimbangan terjadi pada jumlah barang sebanyak 15 dan harga 10. Setelah penawaran meningkat, keseimbangan terjadi pada jumlah barang sebanyak 20 dan harga 8. Dengan demikian, saat permintan tetap dan penawaran bertambah maka jumlah keseimbangan akan bertambah sementara harga keseimbangan akan menurun. Semoga dapat membantu. Terima kasih sudah bertanya dan terus gunakan Roboguru untuk membantu kamu ya!

alt

Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Pada neraca saldo per 31 Desember 2017 terdapat akun sewa dibayar di muka Rp20.000.000,00. Sewa tersebut dibayar 1 September 2017, Atas dasar informasi tersebut maka pada waktu tutup buku per 31 Desember 2017 diminta anda untuk mencatat a. jurnal penyesuaian

652

0.0

Jawaban terverifikasi