Intan S

12 November 2020 08:46

Iklan

Iklan

Intan S

12 November 2020 08:46

Pertanyaan

jelaskan bagaimana buah dapat dijadikan sumber energi pengganti baterai


24

3

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Y. Frando

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

08 Februari 2022 03:58

Jawaban terverifikasi

Halo Intan, berikut kakak bantu jawab yaa. 😂 Arus listrik dapat timbul karena adanya elektron yang mengalir dalam waktu tertentu yang mengakibatkan perbedaan potensial. Sumber arus listrik salah satunya ditemui pada larutan elektrolit, dan untuk beberapa buah terdapat sifat larutan ini. Pada elektrolit, elektron mengalir dibawa oleh ion-ion, sedangkan yang dapat menghasilkan ion antara lain asam, basa dan garam. Asam terdiri atas asam kuat banyak menghasilkan banyak ion sedangkan asam lemah menghasilkan sedikit ion dimana semakin asam suatu larutan maka makin kecil nilai pH-nya demikian pula semakin lemah tingkat keasaman suatu larutan maka pH-nya makin  besar. Dengan demikian apabila suatu larutan konduktor elektolit memiliki tingkat keasaman yang tinggi (pH kecil) maka semakin banyak ion yang dihasilkan sehingga arus listrik yang dihasilkan juga semakin besar dan akibatnya konduktivitas larutan elektrolit tersebut juga semakin besar. Dengan demikian, buah mengandung elektrolit yang dapat digunakan sebagai penghasil energi listrik dengan reaksi kimia zat elektrolit terhadap anoda dan katoda (lempengan logam elemen volta) untuk menghasilkan listrik. Semangat! 👍


Iklan

Iklan

A. Novi

12 November 2020 15:22

Jawaban: Buah mengandung elektrolit yang dapat digunakan sebagai penghasil energi listrik dengan reaksi kimia zat elektrolit terhadap anoda dan katoda ( lempengan logam elemen volta) untuk menghasilkan listrik. Penjelasan: Pada elektrolit, elektron mengalir dibawa oleh ion-ion, sedangkan yang dapat menghasilkan ion antara lain asam, basa dan garam. Asam terdiri atas asam kuat banyak menghasilkan banyak ion sedangkan asam lemah menghasilkan sedikit ion dimana semakin asam suatu larutan maka makin kecil nilai pH-nya demikian pula semakin lemah tingkat keasaman suatu larutan maka pH-nya makin  besar. Dengan demikian apabila suatu larutan konduktor elektolit memiliki tingkat keasaman yang tinggi (pH kecil) maka semakin banyak ion yang dihasilkan sehingga arus listrik yang dihasilkan juga semakin besar dan akibatnya konduktivitas larutan elektrolit tersebut juga semakin besar.


Intan S

13 November 2020 05:54

makasihhh kak😊 jawabannya sangat membantu


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Sebuah kawat yang panjangnya 80 cm dan dialiri arus listrik sebesar 0,45 ampere ke arah barat. Kemudian kawat tersebut diletakkan di dalam ruangan yang mempunyai kuat medan magnet 1,2 tesla yang arahnya ke selatan. Tentukan besar dan arah gaya Lorentznya!

18

0.0

Jawaban terverifikasi