Jernita B

22 Mei 2022 05:14

Iklan

Iklan

Jernita B

22 Mei 2022 05:14

Pertanyaan

jelaskan apa itu dialisi


65

3

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Rifat M

22 Mei 2022 05:20

Jawaban terverifikasi

Dialisis adalah proses perpindahan molekul terlarut dari suatu campuran larutan yang terjadi akibat difusi pada membran semi-permeabel.  maaf jika salah pertanyaannya


Iklan

Iklan

Y. Yeni

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Padang

22 Mei 2022 05:24

Jawaban terverifikasi

Jawaban : Dialisis adalah pemurnian sistem koloid dari ion-ion pengganggu yang menggunakan selaput semipermeabel. Dialisis adalah proses perpindahan molekul terlarut dari suatu campuran larutan yang terjadi akibat difusi pada membran semi-permeabel. Molekul terlarut yang berukuran lebih kecil dari pori-pori membran tersebut dapat keluar, sedangkan molekul lainnya yang lebih besar akan tertahan di dalam kantung membran. Cara pemurnian sistem koloid dari ion-ion pengganggu yang menggunakan selaput semipermeabel ini caranya, sistem koloid dimasukkan ke dalam kantong semipermeabel, dan diletakkan dalam air. Selaput semipermeabel ini hanya dapat dilalui oleh ion-ion, sedang partikel koloid tidak dapat melaluinya. Salah satu contoh dialisis adalah cuci darah yang merupakan prosedur yang dilakukan untuk membuang limbah berbahaya di dalam tubuh. Normalnya, proses ini dilakukan secara alami oleh organ ginjal. Ginjal akan menyaring darah dan memisahkan zat berbahaya serta cairan berlebih dari tubuh untuk dikeluarkan melalui urine. Peranan ginjal untuk menghilangkan senyawa beracun, garam dan air berlebih digantikan dengan sistem buatan. Jadi dialisis adalah pemurnian sistem koloid dari ion-ion pengganggu yang menggunakan selaput semipermeabel.


Dinda K

25 Mei 2022 17:22

Jawaban terverifikasi

Dialisis adalah proses perpindahan molekul terlarut dari suatu campuran larutan yang terjadi akibat difusi pada membran semi-permeabel. Molekul terlarut yang oke berukuran lebih kecil dari pori-pori membran tersebut dapat keluar, sedangkan molekul lainnya yang lebih besar akan tertahan di dalam kantung membran.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Tulislah nama yang benar untuk senyawa di bawah ini menggunakan Sistem Yunani dan Bilangan Oksidasi! (j)PCI5

162

0.0

Jawaban terverifikasi