Jerry Y

14 Maret 2023 12:40

Iklan

Iklan

Jerry Y

14 Maret 2023 12:40

Pertanyaan

Harmonisasi Bakat dan Kemauan Jika kita pernah membaca bahwa persentase antara bakat (kemampuan) dan latihan (kemauan) untuk menjadi seorang pemusik yang bagus adalah 10 persen untuk bakat dan 90 persen untuk latihan. Itu berarti bahwa untuk menjadi seorang pemusik dengan tingkat keterampilan yang tinggi tidak bisa hanya bermodalkan bakat. Namun, kita harus mengolah bakat kita yang merupakan anugerah dari Tuhan dengan berlatih dan terus berlatih dengan perbandingan 19. Mengapa perbandingannya seekstrem itu? Mengapa kita masih harus mengembangkan bakat musik yang kita miliki dengan latihan keras? Apakah bakat yang bagus saja tidak cukup? Salah satu alasannya adalah, suatu bakat (dalam bidang apa pun) ibarat sebuah bibit tanaman Sebagus apa pun bibit yang kita miliki, jika tidak pernah disiram, diben pupuk, dan dirawat sesuai dengan apa yang dibutuhkan, bibit tersebut tidak akan bisa tumbuh, berkembang, serta berbuah dengan baik. Alasan berikutnya, bahwa bermain musik/bernyanyi menggunakan anggota tubuh kita yang digerakkan oleh otot. Otot-otot tersebut perlu kita latih supaya bisa bergerak sesuai dengan perintah dari otak, yang menerima dan memproses data dari indra yang kita miliki. Maka dari itu, kita butuh latihan. Seorang guru besar musik sekaligus pemain biola dari Jepang, Sintichi Suzuki mengatakan, seorang pemusik membutuhkan latihan rutin dalam satu hari minimal 4 jam. Jika kita punya bakat musik yang bagus, namun otot kita tidak terlatih, maka yang terjadi adalah kita tahu bahwa permainan kita salah, tapi anggota tubuh kita tidak bisa bergerak dengan kecepatan dan ketepatan yang kita Inginkan sehingga tidak bisa menghasilkan bunyi/suara yang bagus seperti yang kita harapkan, seperti pitch yang tidak tepat (fals), warna suara dan kualitas suara tidak bagus, dan sebagainya. Satu hal lagi, seperti halnya atlet yang harus latihan setiap hari secara intens dan kontinu semata-mata bertujuan membentuk teknik atau skill lebih mapan dan kuat. Disiplin latihan juga akan memengaruhi kekuatan tenaga dan otot kita. Semakin banyak waktu untuk latihan, akan semakin kuat juga otot kita. Dalam artian, kita tidak akan cepat merasakan lelah. Maka dari itu, pemusik juga harus latihan setiap hari untuk melatih otot-otot dari bagian tubuhnya yang digunakan untuk bernyanyi dan bermain musik agar menghasilkan suara yang bagus, nada yang tepat, dengan kecepatan/tempo seperti yang diinginkan dan tentunya akan menambah kekuatan otot- otot kita saat kita akan pentas.. Temukan istilah/kata teknis yang berkaitan dengan topik yang dibahas (minimal 5 istilah)


1

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Sulthan R

14 Maret 2023 12:53

Jawaban terverifikasi

<p>Beberapa istilah/kata teknis yang berkaitan dengan topik yang dibahas adalah:</p><ol><li>Bakat: Kemampuan alami yang dimiliki oleh seseorang untuk melakukan sesuatu yang khusus atau memperlihatkan prestasi luar biasa di bidang tertentu.</li><li>Kemauan: Keinginan atau tekad untuk mencapai suatu tujuan atau meraih suatu prestasi.</li><li>Latihan: Proses pembelajaran dan pengulangan yang bertujuan untuk memperbaiki keterampilan atau kemampuan seseorang di bidang tertentu.</li><li>Keterampilan: Kemampuan atau keahlian dalam melakukan suatu tugas atau pekerjaan secara efektif dan efisien.</li><li>Otot: Jaringan tubuh yang berfungsi untuk menggerakkan tubuh dan menghasilkan kekuatan.</li><li>Otak: Organ yang berfungsi sebagai pusat pengendali seluruh aktivitas tubuh dan pengolahan informasi.</li><li>Indra: Organ tubuh yang berfungsi untuk menerima rangsangan atau informasi dari lingkungan sekitar, seperti pendengaran, penglihatan, perasa, penciuman, dan peraba.</li><li>Fals: Kesalahan nada dalam bernyanyi atau bermain musik.</li><li>Pitch: Nada atau tinggi rendahnya suara atau bunyi.</li><li>Tempo: Kecepatan dalam menghasilkan suara atau musik.</li></ol>

Beberapa istilah/kata teknis yang berkaitan dengan topik yang dibahas adalah:

  1. Bakat: Kemampuan alami yang dimiliki oleh seseorang untuk melakukan sesuatu yang khusus atau memperlihatkan prestasi luar biasa di bidang tertentu.
  2. Kemauan: Keinginan atau tekad untuk mencapai suatu tujuan atau meraih suatu prestasi.
  3. Latihan: Proses pembelajaran dan pengulangan yang bertujuan untuk memperbaiki keterampilan atau kemampuan seseorang di bidang tertentu.
  4. Keterampilan: Kemampuan atau keahlian dalam melakukan suatu tugas atau pekerjaan secara efektif dan efisien.
  5. Otot: Jaringan tubuh yang berfungsi untuk menggerakkan tubuh dan menghasilkan kekuatan.
  6. Otak: Organ yang berfungsi sebagai pusat pengendali seluruh aktivitas tubuh dan pengolahan informasi.
  7. Indra: Organ tubuh yang berfungsi untuk menerima rangsangan atau informasi dari lingkungan sekitar, seperti pendengaran, penglihatan, perasa, penciuman, dan peraba.
  8. Fals: Kesalahan nada dalam bernyanyi atau bermain musik.
  9. Pitch: Nada atau tinggi rendahnya suara atau bunyi.
  10. Tempo: Kecepatan dalam menghasilkan suara atau musik.

Iklan

Iklan

Mercon M

Community

28 April 2024 00:38

Jawaban terverifikasi

<p>1. Keterampilan: Kemampuan yang diperoleh melalui latihan dan pengalaman yang terampil dalam suatu bidang tertentu.<br>2. Perintah dari otak: Proses di mana otak mengirimkan sinyal kepada anggota tubuh untuk melakukan suatu tindakan atau gerakan.<br>3. Pitch: Tinggi rendahnya suara dalam musik, yang ditentukan oleh frekuensi getaran suara.<br>4. Fals: Ketidaktepatan dalam nada atau pitch saat bernyanyi atau memainkan alat musik.<br>5. Tempo: Kecepatan atau laju dalam musik, yang ditentukan oleh kecepatan pergerakan ritme.</p>

1. Keterampilan: Kemampuan yang diperoleh melalui latihan dan pengalaman yang terampil dalam suatu bidang tertentu.
2. Perintah dari otak: Proses di mana otak mengirimkan sinyal kepada anggota tubuh untuk melakukan suatu tindakan atau gerakan.
3. Pitch: Tinggi rendahnya suara dalam musik, yang ditentukan oleh frekuensi getaran suara.
4. Fals: Ketidaktepatan dalam nada atau pitch saat bernyanyi atau memainkan alat musik.
5. Tempo: Kecepatan atau laju dalam musik, yang ditentukan oleh kecepatan pergerakan ritme.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

(1) Kisah pembuatan film biasanya melewati proses yang panjang dan rumit. (2) Ide membuat film dan cerita datang dari Castle Production yang bergerak di bidang film animasi ini sangat bermanfaat. (3) Castle cukup berhasil bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menyaring siswa SMK yang memiliki kemampuan untuk membuat gambar. (4) Dari seleksi gambar animasi kiriman siswa, Castle memilih lima puluh siswa SMK, tiga di antaranya perempuan, untuk mengikuti pelatihan menggambar animasi lalu memproduksi film animasi. (5) Untuk keperluan itu, Castle mengerahkan animator profesional seperti Boy Wahyudi dan Dony Moersito untuk mengajar mereka. Kalimat utama paragraf tersebut terletak pada kalimat nomor ... A. (1) D. (4) B. (2) E. (5) C. (3)

91

5.0

Jawaban terverifikasi