Alcya A

09 Januari 2022 10:00

Iklan

Iklan

Alcya A

09 Januari 2022 10:00

Pertanyaan

Galon Isi Ulang atau Galon Sekali Pakai Media sosial tengah diramaikan soal lebih baik mana, antara galon air kemasan sekali pakai atau galon isi ulang. Galon air kemasan yang telah dikenal masyarakat puluhan tahun dianggap lebih ramah lingkungan karena bisa diisi ulang. Dengan demikian, galon isi ulang dianggap tidak menambah jumlah sampah plastik. Air kemasan galon yang telah dikenal masyarakat puluhan tahun menjadi yang lebih ramah lingkungan karena bisa diisi ulang di pabrik dan terbukti aman dikonsumsi, serta tidak menambah jumlah sampah plastik. Guru Besar Institut Pertanian Bogor (IPB) sekaligus Pakar Keamanan Pangan, Prof. Ir. Ahmad Sulaeman, Ph.D., mengatakan bahwa setiap produk yang sudah dikemas dan disegel sesuai standar yang telah ditetapkan, sudah pasti higienis dan aman dikonsumsi. "Air kemasan galon (bukan kemasan sekali pakai) yang diisi ulang di pabrik sudah memenuhi standar keamanan pangan dan lebih ramah lingkungan," kata Ahmad. Di sisi lain, para ahli mengimbau masyarakat agar menghindari konsumsi air kemasan galon sekali pakai sebab akan menambah jumlah sampah plastik. Galon air sekali pakai diklaim lebih aman dan bebas dari bahan berbahaya karena berbahan Polyethylene terephthalate (PET). PET sering digunakan untuk mengemas banyak makanan dan minuman. karena memiliki kemampuan yang baik untuk mencegah oksigen masuk dan merusak produk. Galon atau kemasan plastik sekali pakai bahan PET dengan kode daur ulang "no.1" dapat segera didaur ulang dan menjadi bahanbahan bermanfaat. Asosiasi Daur Ulang Palstik Indonesia (ADUPI), Christien Halim, mengatakan bahwa kehadiran galon air kemasan sekali pakai justru bisa menghemat pemakaian plastik. "Contoh dengan satu galon bisa memuat 19 liter air. Jika digantikan dengan botol yang isinya 500 ml, malah menambah jumlah sampah botol yang dipakai. Perusahaan daur ulang plastik juga lebih mudah untuk mendaur ulang. Ini justru ramah lingkungan," kata Christien dalam webinar LSM Sahabat Daur Ulang. 1. Tentukan pendapat pro dalam teks tersebut!


6

1


Iklan

Iklan

M. Saddam

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

11 Januari 2022 03:25

Halo, Alcya A. Terima kasih sudah bertanya ke Roboguru. Kakak bantu jawab ya :) Pendapat pro dalam teks tersebut dapat ditemukan pada paragraf (2) yang menyatakan "Air kemasan galon yang telah dikenal masyarakat puluhan tahun menjadi yang lebih ramah lingkungan karena bisa diisi ulang di pabrik dan terbukti aman dikonsumsi, serta tidak menambah jumlah sampah plastik". Yuk kita simak pembahasan berikut. Teks diskusi adalah sebuah teks yang mengulas sebuah isu atau masalah dengan memberikan dua pendapat yang berbeda (mendukung atau menolak) tentang isu tersebut. Teks diskusi bertujuan untuk mendapatkan suatu kesepakatan pendapat atau gagasan mengenai suatu permasalahan. Argumen yang disampaikan pada teks diskusi terdiri atas dua macam, yaitu argumen pro (mendukung) dan argumen kontra (menolak). Argumen pro pada sebuah teks diskusi merupakan argumen yang mendukung pendapat atau penyataan seseorang terhadap topik yang sedang didiskusikan. Berdasarkan penjelasan tersebut, dapat diketahui bahwa pendapat pro dalam teks tersebut dapat ditemukan pada paragraf "Air kemasan galon yang telah dikenal masyarakat puluhan tahun menjadi yang lebih ramah lingkungan karena bisa diisi ulang di pabrik dan terbukti aman dikonsumsi, serta tidak menambah jumlah sampah plastik". Hal ini dikarenakan paragraf tersebut berisi pernyataan posisi tentang keuntungan, bukti, dan prosedur pengemasan galon isi ulang yang dianggap lebih ramah lingkungan dan dapat mengurangi jumlah sampah plastik dibandingkan dengan galon sekali pakai. Dengan demikian, pendapat pro dalam teks tersebut dapat ditemukan pada paragraf (2) yang menyatakan "Air kemasan galon yang telah dikenal masyarakat puluhan tahun menjadi yang lebih ramah lingkungan karena bisa diisi ulang di pabrik dan terbukti aman dikonsumsi, serta tidak menambah jumlah sampah plastik". Semoga membantu :)


Iklan

Iklan

Mau jawaban yang terverifikasi?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

1. Sejak kecil kau telah akrab dengan lingkungan sekolah ini karena sering diajak ibumu kemari. Tak heran ketika sudah waktunya untuk masuk sekolah, kau begitu **supel** dan teman-temanmu pun sudah banyak. Mereka umumnya murid-murid yang pernah diajar ibumu waktu kelas satu. Sedangkan aku? Aku waktu itu baru saja pindah ke kota kecil ini. Makna kata bercetak tebal dalam kutipan cerpen tersebut adalah .... A. ramah C. santun B. sopan D. baik

500

5.0

Jawaban terverifikasi

Teks berikut untuk soai nomor 4. 1) Ilmuwan di berbagai belahan dunia berkejaran dengan waktu untuk menciptakan vaksin guna mengatasi virus Corona jenis baru. Vaksin perlu segera diciptakan karena kematian akibat virus Corona yang terus bertambah dan penyebaran virus yang kian meluas. 2) Pada Jum'at (7-2-2020), Komisi Kesehatan Nasional Cina mencatat jumlah kematian akibat virus Corona baru telah mencapai 636 kasus, sedangkan jumlah warga yang terinfeksi menjadi 31.161 kasus. Kasus terbanyak terjadi di Hubei, Cina, tempat vi kesehatan du niairus pertama muncul. Selain di Cina, virus itu kini telah menyebar ke lebih dari 25 negara. 3) Para ilmuwan bekerja dalam kecepatan penuh untuk menemukan vaksin bagi virus Corona baru atau penyakit pernapasan akut 2019-nCOV. Sebagai pusat epidemic, ilmuwan Cina berupaya menemukan vaksin bagi virus itu. Perkembangan terbaru adalah mereka menciptakan peta genetik virus. 4) Ilmuwan dari Australia, Kanada, hingga Prancis ikut menciptakan berbagai jenis inokulasi bersama sejumlah perusahaan biotek dan vaksin. Beberapa waktu lalu, Kepala Laboratorium Identifikasi Virus dari Institut Peter Doherty untuk Infeksi dan kekebalan, Melbourne, Julian Druce, menyatakan mereka mengembangkan virus Corona versi laboratorium dari tubuh pasien yang terinfeksi untuk uji coba. Tanggapan yang sesuai dengan berita tersebut adalah ... A. Pemerintah Australia telah tanggap menghadapi serangan virus Corona dengan menemukan vaksin virus tersebut. B. Para ilmuan perlu segera mempelajari virus corona yang menjadi masalah besar bagi kesehatan dunia karena persebarannya sangat cepat. C. Masyarakat perlu mawas diri dan menjaga kesehatan dalam menghadapi serangan virus corona yang mulai menyebar di Indonesia, D. Virus corona menjadi masalah besar bagi kesehatan manusia.

170

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan