Iklan

Iklan

Annita N

31 Agustus 2021 05:07

Pertanyaan

dua sarana komunikasi vital di Jakarta yang dapat direbut kembali dari tangan G 30 S/PKI oleh ABRI dan rakyat adalah.... Select one: a. lapangan terbang Halim Perdanakusuma dan studio RRI Pusat b. studio RRI Pusat dan kantor Pusat Telekomunikasi c.  kantor Pusat Telekomunikasi dan  lapangan terbang Halim Perdanakusuma d. kantor Telekomunikasi dan lapangan terbang Halim Perdanakusuma e.  lapangan terbang Halim Perdanakusuma


1rb+

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

N. Shoimah

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

01 September 2021 08:48

Jawaban terverifikasi

Halo Annita Pada pagi hari tanggal 1 Oktober 1965, Mayor Jenderal Soeharto, Panglima Komando Tjadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkos. trad), mendapat informasi telah terjadi gerakan militer yang mencurigakan di rumah beberapa orang Jenderal pimpinan teras Angkatan Darat. Informasi berikutnya menyatakan beberapa orang di antara Jenderal telah ditembak mati di rumahnya oleh gerombolan bersenjata yang tidak dikenal. Panglima Kostrad memanggil Komandan RPKAD Kolonel Sarwo Edhie Wibowo yang bermarkas di Cijantung. Kolonel Sarwo Edhie Wibowo diperintahkan mempersiapkan pasukannya untuk menguasai Gedung Telekomunikasi dan RRI. Satu jam kemudian Kapten Sukarbi datang ke Markas Kostrad dengan membawa Yon 530 minus 1 kompi (yang dipakai di dalam tim Pasopati). Namun Kapten Kuntjoro dengan Yon 454 tidak datang, tetapi menarik seluruh anggota Yon 454 dari Medan Merdeka pada pukuI 17.00, dan bergerak ke sekitar Halim Perdanakusuma. Dengan mundurnya Yon 530 dari Medan Merdeka, disusul dengan cepat oleh pasukan RPKAD. Sasarannya adalah merebut gedung RRI dan Pusat Telekomunikasi yang dikuasai pemberontak. Pada pukul 19.00 Resimen Para Komando Angkatan Darat (RPKAD) diperintahkan untuk membebaskan kedua gedung tersebut dengan memegang teguh prinsip Panglima Kostrad yaitu memperkecil kemungkinan timbulnya pertumpahan darah dengan menghindarkan tembak-menembak. Dalam waktu 20 menit saja, satuan -satuan RPKAD berhasil merebut kembali Pusat Telekomunikasi dan RRI sesuai dengan petunjuk Pang Kostrad. Dengan demikian, jawabannya adalah B. Mapel: Sejarah Kelas: 12 SMA Topik: Pemberontakan Dalam Negeri Semoga membantu ya.


Iklan

Iklan

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan jelas dan tepat! 1. terangkan pengertian integrasi menurut kamus besar bahasa indonesia dan menurut williem howard wriggins, sejarawan politik dari inggris! jawab:

13

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan