Parto D

15 Juli 2022 05:30

Iklan

Iklan

Parto D

15 Juli 2022 05:30

Pertanyaan

Dalam masyarakat terdapat berbagai jenis profesi dan jabatan yang harus dijalankan sebaik-baiknya. Seorang individu yang menduduki jabatan di sebuah perusahaan akan mendapatkan fasilitas lebih baik pada individu yang hanya menjadi karyawan biasa. Individu yang menduduki jabatan dalam sebuah pekerjaan biasanya akan mendapat fasilitas berupa kendaraan, tunjangan, dan fasilitas kesehatan. Sesuai teks tersebut, apakah fungsi stratifikasi sosial?


1

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

A. Salma

Mahasiswa/Alumni STIE Indonesia Banking School

01 Agustus 2022 04:27

Jawaban terverifikasi

Jawabannya adalah sebagai alat bagi masyarakat dalam mencapai beberapa tugas utama dengan cara distribusi hak-hak istimewa yang objektif. Yuk, simak penjelasan berikut! Stratifikasi sosial merupakan pengelompokan individu kedalam kelompok secara vertikal sehingga ada kedudukan yang lebih tinggi dan rendah. Stratifikasi sosial mempunyai fungsi sebagai berikut: 1. Alat bagi masyarakat dalam mencapai beberapa tugas utama, dengan jalan mendistribusikan prestise atau hak-hak istimewa yang objek atau dalam jumlah yang berbeda bagi setiap lapisan yang ada. 2. Menyusun dan mengatur serta mengawasi hubungan di antara anggota masyarakat. 3. Pemersatu dengan mengoordinasikan unit-unit yang ada dalam struktur sosial. 4. Mengategorikan manusia dalam lapisan yang berbeda sehingga memudahkan manusia untuk saling berhubungan. Dengan demikian, ilustrasi pada soal menunjukkan fungsi stratifikasi sosial yaitu sebagai alat bagi masyarakat dalam mencapai beberapa tugas utama dengan cara distribusi hak-hak istimewa yang objektif. Karena, untuk memudahkan pemangku jabatan mencapai tugas-tugas utamanya yang tentunya lebih berat, biasanya mereka akan mendapatkan fasilitas yang lebih baik pada individu yang hanya menjadi karyawan biasa sebagai bentuk apresiasi. Individu yang menduduki jabatan dalam sebuah pekerjaan biasanya akan mendapat fasilitas berupa kendaraan, tunjangan, dan fasilitas kesehatan.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

menggambarkan wilayah dan pihak-pihak yang terlibat dalam perbedaan peta konflik (bentuk- bentuk konflik) disebut ..... a mapping of issue b geographical gmaps с mapping of power alignments d mapping of needs andi fears e semua jawaban benar

396

0.0

Jawaban terverifikasi