Felis L

06 Maret 2022 13:55

Iklan

Iklan

Felis L

06 Maret 2022 13:55

Pertanyaan

Contoh penerapan bioteknologi untuk meningkatkan produksi pangan, antara lain menggunakan bakteri Bacillus thuringiensis untuk pemberantasan ulat hama tanaman. c. Apakah keuntungan penggunaan metode tersebut?


4

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

A. Agustina

Mahasiswa/Alumni Universitas Padjadjaran

18 April 2022 09:11

Jawaban terverifikasi

Hai Felis, Kakak bantu jawab ya :) Keuntungan penggunaan metode tersebut antara lain dapat mengontrol atau mengendalikan hama ulat penggerek secara efektif, serta aman bagi lingkungan, manusia, dan hewan lainnya karena sifatnya sebagai insektisida yang spesifik. Bakteri π˜‰π˜’π˜€π˜ͺ𝘭𝘭𝘢𝘴 𝘡𝘩𝘢𝘳π˜ͺ𝘯𝘨π˜ͺ𝘦𝘯𝘴π˜ͺ𝘴 umumnya digunakan untuk mengendalikan hama ulat pada tanaman tomat, cabai, jagung dan kubis-kubisan. Bakteri ini mampu menghasilkan senyawa kimia delta endotoksin berupa toksin protein kristal yang dapat membunuh hama. Bakteri tersebut dicampurkan dengan cairan sebagai perekat, kemudian disemprotkan pada tanaman yang terinfeksi hama. Jika hama (misalnya ulat) memakan daun yang telah disemprot cairan yang mengandung spora dan toksin kristal BT, maka kristal BT tersebut akan mengikat reseptor khusus pada membran usus ulat, kemudian akhirnya ulat berhenti makan, diare, muntah-muntah, dan beberapa hari kemudian akan mati (1-2 hari) karena ulat mengalami degradasi, tidak aktif bergerak, tubuhnya berubah warna menjadi gelap. Kelebihan atau keuntungan dari pemanfaatan insektisida π˜‰π˜’π˜€π˜ͺ𝘭𝘭𝘢𝘴 𝘡𝘩𝘢𝘳π˜ͺ𝘯𝘨π˜ͺ𝘦𝘯𝘴π˜ͺ𝘴 antara lain dapat mengontrol atau mengendalikan hama ulat penggerek secara efektif, serta aman bagi lingkungan, manusia, dan hewan lainnya karena sifatnya sebagai insektisida yang spesifik. Jadi, keuntungan dari pemanfaatan insektisida π˜‰π˜’π˜€π˜ͺ𝘭𝘭𝘢𝘴 𝘡𝘩𝘢𝘳π˜ͺ𝘯𝘨π˜ͺ𝘦𝘯𝘴π˜ͺ𝘴 antara lain dapat mengontrol atau mengendalikan hama ulat penggerek secara efektif, serta aman bagi lingkungan, manusia, dan hewan lainnya karena sifatnya sebagai insektisida yang spesifik. Semoga membantu!


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Kemungkinan keturunan anak laki-laki mengalami buta warna dari pernikahan seorang laki-laki normal dengan seorang wanita buta warna ialah...

561

5.0

Jawaban terverifikasi