Akhmad M

20 Januari 2020 05:54

Iklan

Iklan

Akhmad M

20 Januari 2020 05:54

Pertanyaan

ciri ciri kearifan lokal


3

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

M. Khabib

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

22 Desember 2021 13:15

Jawaban terverifikasi

Hallo kak Akhmad, kakak bantu jawab ya ! Jawabannya adalah: 1. Kearifan lokal mampu untuk bertahan di tengah maraknya budaya luar yang semakin masif. 2. Kearifan lokal memiliki kemampuan dalam menyediakan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan unsur-unsur dari budaya luar. 3. Kearifan lokal memiliki kemampuan penggabungan atau pembauran terhadap unsur budaya luar ke dalam budaya asli. 4. Kearifan lokal memiliki kemampuan mengendalikan, memberi arah pada perkembangan budaya. Yuk, simak pembahasan berikut ! Masyarakat Indonesia dikenal sebagai masyarakat yang majemuk karena memiliki beraneka ragam ras, suku, agama, serta budaya yeng tersebar luas dari Sabang sampai Merauke. Setiap masing-masing memiliki identitas tersendiri yang membedakan dengan yang lainnya, sehingga menjadi ciri khas setiap masyarakat akan kebudayaannya yang disebuut sebagai kearifan lokal. Selain itu kearifan lokal juga dikenal sebagai kemampuan masyarakat untuk beradaptasi, menata, serta menumbuhkan pengaruh alam dan budaya lain yang menjadi motor penggerak transformasi dan penciptaan keanekaragaman budaya Indonesia yang luar biasa. Terima kasih sudah bertanya dan gunakan Roboguru, semoga membantu ya :)


Iklan

Iklan

Regina P

20 Januari 2020 12:19

-Mempunyai kemampuan memgendalikan. -Filter untuk bertahan dari pengaruh budaya luar. -Mempunyai kemampuan mengakomodasi budaya luar. -Mempunyai kemampuan memberi arah perkembangan budaya. -Mempunyai kemampuan mengintegrasi atau menyatukan budaya luar dan budaya asli.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Apabila perubahan sosial yang ada mengakibatkan disintegrasi masyarakat, perubahan tersebut bersifat... a. Proses b. Regres c. Evolusioner d. Revolusioner e. Dialektika

35

5.0

Jawaban terverifikasi