Iklan

Iklan

Vira A

20 Maret 2020 02:48

Pertanyaan

cara menghitung besarnya aktiva tetap?


13

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

O. Yohana

Mahasiswa/Alumni Universitas Jenderal Soedirman

24 Desember 2021 09:30

Jawaban terverifikasi

Halo Vira, Kakak bantu jawab ya :) Jawaban: Cara menghitung besarnya aktiva tetap dengan menggunakan konsep persamaan dasar akuntansi, yaitu Aktiva (Aktiva Lancar dan Aktiva Tetap) = Hutang + Modal. Penjelasan : Aktiva tetap adalah aset perusahaan yang memiliki jangka waktu yang tahan lama. Contoh aktiva tetap adalah mesin, gedung, tanah, dan lainnya. Cara menghitung besarnya aktiva tetap dapat diketahui dari perhitungan Aktiva = Hutang + Modal. Seiring berjalannya waktu, nilai aktiva tetap akan mengalami penyusutan karena perusahaan akan melakukan pemakaian aset tersebut secara berkala. Cara untuk menghitung penyusutan aktiva tetap adalah Penyusutan = Biaya Perolehan – Nilai Residu / Umur ekonomis. Jadi, cara menghitung besarnya aktiva tetap dengan perhitungan dari Aktiva (Aktiva Lancar dan Aktiva Tetap) = Hutang + Modal. Semoga membantu Vira, semangat :)


Iklan

Iklan

ADindaa A

20 Maret 2020 10:29

aktiva tetap itu kan harta yang tetap atau relatif bertahan lama, karena digunakan terus menerus pastikan aktiva tetap ini mengalami penyusutan atau depresiasi. untuk menghitung penyusutan dari aktiva tetap ini ada *5 metode, salah satu nya.* >> metode penyusutan garis lurus P = biaya perolehan-nilai residu/umur ekonomis --------- b.perolehan = biaya total saat membeli aset nilai residu = nilai jual kembali suatu aset pada akhir masa manfaatnya.  umur ekonomis =periode waktu yang diharapkan selama aset tetap berguna bagi pemiliknya. semoga bermanfaat:)


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Berikut ini yang bukan kondisi terciptanya kredit blanko adalah .... A. bila menggunakan jaminan B. bila kredit dalam jangka pendek C. bila tanpa menuntut jaminan D. adanya rasa kepercayaan E. kredit tidak melalui bank

12

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan