Wiji A

27 Januari 2020 08:38

Pertanyaan

cara membuat posting buku besar penutup gimana?


18

2

Jawaban terverifikasi

B. Setiawan

Mahasiswa/Alumni UIN Sumatera Utara

23 Desember 2021 13:51

Jawaban terverifikasi

Halo Wiji, kakak bantu jawab yaa :) Jawaban: Cara posting buku besar setelah penutupan: - Pindahkan saldo pada neraca saldo dan jurnal penutup ke buku besar setelah penutupan - Kemudian rekap saldo tersebut - Untuk akun nominal seperti beban dan pendapatan saldonya harus nol pada buku besar setelah penutupan. Penjelasan: Buku besar setelah penutupan adalah buku besar yang dibuat di akhir periode untuk merekap akun riil sehingga bersaldo nol di akhir periode. Saldo yang ada buku besar setelah penutupan merupakan saldo pada neraca saldo dan jurnal penutup. Untuk akun riil saldo pada neraca saldo setelah penutupan akan bersaldo nol. Semoga dapat membantu. Terima kasih sudah bertanya dan terus gunakan Roboguru untuk membantu kamu ya!


Iklan

Fani L

27 Januari 2020 11:37

Posting jurnal epilog ke buku besar merupakan salah satu tahap tutup buku, proses ini dilakukan secara rutin oleh perusahaan setiap ahir periode akuntansi. Proses posting jurnal epilog ke buku besar bertujuan untuk memindahkan saldo akun-akun yang berada dalam jurnal epilog ke buku besar masing-masing akun tersebut, sehingga dengan proses posting ini akan terlihat saldo buku besar akun-akun nominal sehabis pemostingan jurnal epilog akan mempunyai saldo nol (0). Saldo akun nominal pada ahir periode harus dinihilkan atau ditutup atau dengan kata lain akun nominal harus mempunyai saldo nol pada ahir periode alasannya yakni akun nominal bersifat sementara atau hanya berlaku pada periode berjalan, sehingga harus ditutup sebelum memasuki periode akuntansi berikutnya.


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Chat Tutor

Pertanyaan serupa

Setiap negara akan berusaha meningkatkan cadangan devisa untuk keperluan pemblayaan pembangunan dan kewajiban kepada luar negeri, Pernyataan di bawah ini yang merupakan sumber devita bagi indonesia adalah.... A. Membayar tenaga ahli dari luar negeri yang bekerja di perusahaan-perusahaan B. impor berbagai bahan baku Indonesia dari luar negeri dengan untuk berbagai usaha C. Memberikan pinjaman kepada luar negeri dalam bentuk mata uang asing D. Perjalanan/kunjungan wisatawan asing dari berbagai negara ke Indonesia E Memberikan sumbangan kepada negara-negara lain yang tertimpa musibah

627

1.0

Jawaban terverifikasi

Iklan