Iklan

Iklan

Afina Z

16 November 2020 00:24

Pertanyaan

bila kawat dialiri listrik diletakkan di atas sebuah jarum kompas, maka jarum kompas?? apakah jawabnya cenderung menyimpang searah dgn arus?


4rb+

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

D. Nurul

Mahasiswa/Alumni Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

25 Januari 2022 06:15

Jawaban terverifikasi

Halo Afina, kakak bantu jawab ya. Menurut Oersted, hasil percobaannya menunjukkan bahwa jika sebuah magnet jarum kompas kecil didekatkan pada suatu penghantar yang berarus listrik maka magnet jarum akan menyimpang. Arah penyimpangan jarum kompas bergantung arah arus listrik yang mengalir dalam kawat. Penyimpangan magnet jarum kompas akan semakin besar jika kuat arus listrik yang mengalir melalui kawat juga diperbesar. Jadi, jarum kompas akan cenderung menyimpan searah dengan arus.


Iklan

Iklan

A. Ridwan

16 November 2020 00:30

halo dek, ini untuk arah arus listrik kemana, kalo jawabannya cenderung menyimpang sudah betul, karena ketika kawat dialiri arus listrik akan timbul medan magnet disekitarnya


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Chat Tutor

Pertanyaan serupa

Matahari itu kan panas. Nah ketika di pagi hari matahari itu kan terlihat lebih jelas dan lebih besar , tapi kenapa matahari itu tidak terasa panas? pasahal kan terlihat lebih besar? Dan kenapa di siang hari matahari yang terlihat jauh dan terlihat kecil panasnya itu ga karuan? Bisa dijelaskan menurut ilmu fisika?

21

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan