ChelsyšŸŒ» C

22 Juli 2020 02:47

Iklan

Iklan

ChelsyšŸŒ» C

22 Juli 2020 02:47

Pertanyaan

besaran fisika


40

5

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

M. Ilham

Mahasiswa/Alumni Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

19 Januari 2022 19:41

Jawaban terverifikasi

Halo Chelsy, kaka bantu jawab pertanyaanya ya :) Besaran dalam fisika adalah segala sesuatu yang dapat diukur dan dinyatakan dengan angka. Dalam Fisika, besaran dibagi menjadi 2, Besaran Pokok dan Besaran Turunan. Besaran pokok adalah besaran yang satuannya telah didefinisikan atau ditetapkan terlebih dahulu dan tidak bergantung pada satuan-satuan yang lain dalam SI (Sistem Internasional). Salah satu contohnya adalah panjang, massa, waktu, kuat arus listrik, dan suhu. Besaran turunan adalah besaran yang satuannya diturunkan atau dijabarkan dari satuan pokok. Contohnya volume, kecepatan, percepatan, gaya, energi, dan lain lain. Terima kasih sudah bertanya, semoga bermanfaat. Terus gunakan Roboguru sebagai teman belajar kamu ya :).


Iklan

Iklan

Amanda A

16 September 2020 06:59

BesaranĀ dalamĀ fisikaĀ diartikan sebagai sesuatu yang dapat diukur, serta memiliki nilaiĀ besaranĀ (besar) dan satuan. Sementara, satuan digunakan sebagai pembanding dalam pengukuran. ... Nah Squad, berdasarkan satuannya,Ā besaranĀ terdiri dariĀ besaranĀ pokok danĀ besaranturunan.


Amanda A

16 September 2020 07:01

Besaran TurunanĀ adalahĀ besaranĀ yang satuannya diturunkan dariĀ besaran-besaranĀ pokok penyusunnya. ... Percepatan diturunkan dariĀ besaranpanjang dan waktu, yaitu jarak/panjang dibagi dengan waktu pangkat dua. Massa jenis diturunkan dariĀ besaranĀ massa dan panjang, yaitu massa dibagi dengan panjang pangkat tiga (volume)


Amanda A

16 September 2020 07:03

No.Besaran PokokSatuanDefinisi1Panjang (l)meter (m)1 meter ialah panjang lintasan yang ditempuh oleh cahaya pada ruang vakum dalam selang waktu 1/299 792 458 second2Massa (m)kilogram (kg)1 kilogram ialah massa sebuah silinder platinum-iridium yang memiliki tinggi dan diameter 3.9 cm3Waktu (t)second (s)1 second ialah selang waktu yang dibutuhkan atom cesium-133 untuk bergetar sebanyak 9 192 631 7704Temperatur (T)kelvin (K)0 kelvin ialah 0 absolut (kondisi dalamĀ termodinamikadimana partikel-partikel penyusun materi berhenti bergerak) 1 kelvin ialah pecahan 1/273.16 dari temperatur termodinamika triple point air5Kuat Arus (I)ampere (A)1 ampere ialah arus yang mengalir pada dua penghantar lurus paralel pada ruang vakum dengan jarak pisah 1 meter dengan panjang masing-masing penghantar tak hingga dan luas penampang diabaikan yang akan menghasilkan gaya tarik-menarik sebesar 2 x 10-7N/m6Intensitas (In)candela (cd)1 candela ialah intensitas cahaya pada arah tertentu dari suatu sumber yang memancarkan radiasi monokromatik dengan frekuensi 540 x 1012Ā Hz dan mempunyai intensitas radian pada arah 1/683 watt per steradian.7Jumlah Zat (n)mol1 mol ialah jumlah zat penyusun suatu unsur sebanyak jumlah atom pada 0.012 kg atom Carbon-12.

Amanda A

16 September 2020 07:03

Besaran pokokĀ merupakanĀ besaranyang satuannya telah ditetapkan terlebih dahulu dan bukan turunan daribesaranĀ lain. TujuhĀ besaran pokokyang diketahui adalah massa, panjang, waktu, jumlah molekul zat, kuat arus, intensitas cahaya, dan suhu.Ā Besarandan satuannya bisa kita baca pada tabel di bawah ini.


Amanda A

16 September 2020 07:04

contoh besaran pokok: massa sebuah benda. suhu benda tersebut. banyak molekul dalam benda tersebut. panjang sisi benda tersebut. kuat arus listrik pada sebuah kawat.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

500 gram es bersuhu āˆ’12 Ā°C dipanaskan hingga suhu āˆ’2 Ā°C. Jika kalor jenis es adalah 0,5 kal/g Ā°C, tentukan banyak kalor yang dibutuhkan, nyatakan dalam satuan joule!

27

5.0

Jawaban terverifikasi