Roboguru
BD

Bussaina D

04 November 2020 12.39

Benda A dijatuhkan dari ketinggian 3h dari suatu gedung. Dalam waktu bersamaan, Benda B dilemparkan dengan kecepatan 2v dari permukaan tanah. percepatan gravitasi daerah tersebut adalah g. jika benda A dan benda B mencapai tanah dalam waktu yang bersamaan, tentukan besaran "h"!

Benda A dijatuhkan dari ketinggian 3h dari suatu gedung. Dalam waktu bersamaan, Benda B dilemparkan dengan kecepatan 2v dari permukaan tanah. percepatan gravitasi daerah tersebut adalah g. jika benda A dan benda B mencapai tanah dalam waktu yang bersamaan, tentukan besaran "h"!

0

1

M

MT.Rudy

04 November 2020 12.50

jawaban : h= 8/3.V²/g Gerak Jatuh Bebas (GJB) merupakan salah satu bentuk gerak lurus dalam kelompok Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) dimana pergerakan benda hanya dipengaruhi oleh gaya gravitasi dan gaya gesek dengan udara. Gerak jatuh bebas merupakan gerakan yang terjadi tanpa adanya kecepatan awal pada benda (kecepatan awal sama dengan nol). Selama terjadinya GJB, pergerakan benda akan dipengaruhi oleh dua gaya utama, yaitu gaya gravitasi yang membuat kecepatannya bertambah dan gaya gesek dengan udara yang menghambat penambahan kecepatan, dalam hal ini gaya gravitasi arahnya selalu berlawanan dengan gaya gesekan benda. Persamaan dan Rumus Gerak Jatuh Bebas (GJB): 1) Vt = Vo + g . t 2) Vt² = Vo² + 2 . g . h  3) h = Vo . t + 1/2 g . t ² Keterangan: Vt = Kecepatan setelah t detik (m/s) Vo = Kecepatan awal (m/s) t = waktu (s) g = Gaya Gravitasi (m/s²) h = ketinggian (m) Gerak Vertikal ke Atas merupakan gerak benda yang arahnya vertikal tegak lurus dengan bidang horisontal. Lintasannya berupa garis lurus ke atas. Gerak ini mirip dengan gerak jatuh bebas, yang membedakan hanyalah nilai gravitasi yang bernilai negatif (-) karena berlawanan dengan arah gerak benda. Rumus dan Persamaan Gerak Vertikal ke Atas: 1) Vt = Vo - g . t 2) h' = Vo . t - 1/2 g . t² Keterangan: h’ = ketinggian benda setelah bergerak ke atas selama t sekon (m)Vt = kecepatan benda setelah bergerak selama t s (m/s)Vo = kecepatan awal saat benda dilempar (m/s)g = percepatan gravitasi (m/s²) Pada soal diketahui bahwa: Benda Ah = 3h g = g Benda B Vo = 2v g = g tA = tB (Mencapai tanah pada waktu yang bersamaan) Langkah pertama adalah masukkan persamaan mencari nilai h pada Benda A dengan rumus: h = Vo . t + 1/2 g . t ² 3h = 1/2 g . t ² .......... Persamaan (1)   Dengan rumus yang serupa, masukkan ke dalam persamaan Benda B, karena t adalah waktu benda mencapai tanah, maka h' = 0. h' = Vo . t - 1/2 g . t² 0 = 2v . t - 1/2 g . t² 1/2 gt = 2v t = 4. V/g......... Persamaan (2) Karena tA = tB, masukkan Persamaan (2) ke dalam Persamaan (1) 3h = 1/2 .g.t² h = 1/6.g.(4V/g)² h = 1/6.16.V²/g h = 8/3.V²/g

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved