Aprilia A

19 Mei 2024 13:24

Iklan

Iklan

Aprilia A

19 Mei 2024 13:24

Pertanyaan

Beberapa pahlawan seperti sultan agung Mataram, sultan ageng Tirtayasa di Banten, sultan Hasanuddin di di Makasar, pangeran Diponegoro, dan cut nyak dien telah berjuang dalam sampai titik darah penghabisanHal ini membuktikan bahwa samangat perjuangan bangsa Indonesia dalam mengusir penjajah tidak pernah padam perkembangan semangat dan komitmen kebangsaan diatas merupakan periode masa...... A.) sebelum pergerakan nasional ,B.) Pergerakan nasional ,C.) Proklamasi dan kemerdekaan Indonesia. ,D.) Perang kemerdekaan


7

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

20 Mei 2024 06:29

Jawaban terverifikasi

Penjelasan: 1. Pahlawan-pahlawan yang disebutkan dalam pertanyaan, seperti Sultan Agung Mataram, Sultan Ageng Tirtayasa, Sultan Hasanuddin, Pangeran Diponegoro, dan Cut Nyak Dien, hidup dan berjuang pada masa sebelum periode pergerakan nasional Indonesia. 2. Periode sebelum pergerakan nasional mencakup masa pra-kolonial dan awal masa penjajahan oleh kekuatan asing, seperti Belanda. Pada masa ini, perjuangan untuk mempertahankan kedaulatan dan mengusir penjajah dilakukan oleh para pemimpin lokal dan kerajaan-kerajaan di nusantara. 3. Pahlawan-pahlawan tersebut merupakan tokoh-tokoh penting yang melakukan perlawanan bersenjata terhadap penjajah, seperti Sultan Ageng Tirtayasa yang melawan Belanda di Banten, Sultan Hasanuddin yang melawan Belanda di Makassar, dan Pangeran Diponegoro yang memimpin Perang Diponegoro melawan Belanda. 4. Periode pergerakan nasional baru muncul kemudian, pada awal abad ke-20, ketika organisasi-organisasi pergerakan seperti Budi Utomo, Sarekat Islam, dan Partai Nasional Indonesia (PNI) berjuang untuk kemerdekaan Indonesia secara lebih terorganisir dan sistematis. Jadi, berdasarkan fakta-fakta sejarah, periode yang paling sesuai dengan deskripsi perjuangan pahlawan-pahlawan tersebut adalah A. Sebelum pergerakan nasional, karena mereka berjuang pada masa sebelum munculnya gerakan nasional yang lebih terorganisir.


Iklan

Iklan

Navniaaa N

20 Mei 2024 09:04

Jawaban terverifikasi

<p>A. tokoh sebelum pergerakan nasional</p><p><strong>Berikut ini ciri-ciri perlawanan bangsa Indonesia pada abad ke-19 atau sebelum tahun 1908 atau sebelum pergerakan Nasional&nbsp;</strong></p><ul><li>Perjuangan bersifat kedaerahan.</li><li>Belum memiliki ide <strong>nasional</strong> yang jelas.</li><li>Menggunakan senjata tradisional seperti bambu runcing, golok, dan senjata tradisional lainnya.</li><li>Dilakukan tidak serentak karena wilayah-wilayah nusantara sulit dijangkau.&nbsp;</li><li>Perlawanan dilakukan masing-masih warga wilayah dengan seorang pemimpin</li><li>Bersifat Perlawanan Fisik</li><li>Mengutamakan Sentimen Kedaerahan</li><li>Dipimpin oleh Tokoh Daerah</li><li>Strategi Perang Gerilya</li><li>Didorong Perasaan Tertindas</li></ul><p>&nbsp;</p>

A. tokoh sebelum pergerakan nasional

Berikut ini ciri-ciri perlawanan bangsa Indonesia pada abad ke-19 atau sebelum tahun 1908 atau sebelum pergerakan Nasional 

  • Perjuangan bersifat kedaerahan.
  • Belum memiliki ide nasional yang jelas.
  • Menggunakan senjata tradisional seperti bambu runcing, golok, dan senjata tradisional lainnya.
  • Dilakukan tidak serentak karena wilayah-wilayah nusantara sulit dijangkau. 
  • Perlawanan dilakukan masing-masih warga wilayah dengan seorang pemimpin
  • Bersifat Perlawanan Fisik
  • Mengutamakan Sentimen Kedaerahan
  • Dipimpin oleh Tokoh Daerah
  • Strategi Perang Gerilya
  • Didorong Perasaan Tertindas

 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

1. Pancasila bukanlah sesuatu yang baru bagi bangsa Indonesia karena nilai-nilainya merupakan A. kebiasaan baik yang dibawa Belanda dan Jepang B. perilaku standar bagi masyarakat di masa sekarang C. praktik kehidupan masyarakat Indonesia sejak zaman dahulu D. warisan para pejuang negara kita yang rela mati demi negara 2. Pada masa kebangkitan nasional, bentuk perjuangan rakyat Indonesia mengalami perubahan. Perubahan tersebut terjadi setelah munculnya para pelajar. Perjuangan para pelajar dilakukan dengan cara, antara lain..... A. membuat tulisan di media massa B. melakukan perlawanan dengan senjata C. mendukung niat baik pemerintah Belanda untuk memberikan kemerdekaan D. melawan pemerintah Belanda dengan cara mogok belajar

7

0.0

Jawaban terverifikasi

1. Jong Minahasa merupakan organisasi kepemudaan yang berasal dari Minahasa, Sulawesi Utara. Organisasi ini bergerak dibidang a. politik dan pendidikan b. agama dan politik c. kesenian, olahraga, dan budaya d. politik, pendidikan, dan agama 2.Salah satu nilai perjuangan 1945 yang harus dihayati dan dilaksanakan oleh generasi muda adalah...... a. suka berdiskusi b. anti pada orang asing c. rela berkorban d. mempertahankan diri 3. Upaya nyata pembelaan negara bagi para pemuda Indonesia adalah.... a. memperingati sumpah pemuda b. membantu orang tua c. mempertahankan kemerdekaan d. mendirikan organisasi pemuda 4. Salah satu contoh semangat dan komitmen kebangsaan kita adalah... a. membiarkan para petinggi negara untuk berjuang sendiri b. terus berjuang dan pantang menyerah untuk membela tanah air c. melakukan demonstrasi kepada petinggi negara d. menyerahkan segala urusan bangsa pada Polri 5.Dalam rangka untuk pembelaan negara, setiap warga negara memenuhi syarat- syarat tertentu dan dilarang untuk a. mengutamakan kepentingan pribadi dengan mengorbankan negara b. menggunakan hak pribadi dalam menentukan pemilihan pekerjaan c. menolak mobilisasi pada saat negara mendapat ancaman musuh d. memilih pekerjaan yang sesuai dengan bakat dan kemampuan 6.Equality before the law mengandung makna a. hukum yang lebih rendah harus mengacu pada hukum yang lebih tinggi b. setiap warga negara memiliki persamaan kedudukan di depan hukum c. hukum menjunjung tinggi adanya perbedaan pendapat d. setiap warga Negara harus tunduk dan taat pada hukum yang berlaku 7. Tindakan bela negara yang bisa dilakukan di lingkungan negara adalah a. patuh terhadap nasihat orang tua b. menjadi anggota militer c. mengajak teman mengikuti kegiatan ekstrakurikuler d. menjaga lingkungan sekitar 8.Soetomo seorang tokoh yang penuh dedikasi, berjuang demi bangsa dan negara dengan cara yang damai dan modern. Cara yang dipakai tidak lagi melalui perjuangan fisik. Perjuangannya diubah dari yang sifatnya lokal kedaerahan menjadi terorganisasi. Dikemudian hari terbukti cukup ampuh bahwa dengan kesadaran rasa kebersamaan sebagai satu bangsa, pergerakan kebangsaan ini dapat berhasil. Peran Soetomo dalam membangun semangat dan komitmen kebangsaan adalah a. mengembangkan sifat kesukuan b. mengambangkan sifat individualisme c. mengutamakan kepentingan golongan d. mengutamakan persatuan dan kesatuan 9.Setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban yang sama dalam rangka bela negara dan bangsa. Hal ini adalah pandangan Indonesia sebagai satu kesatuan a. wilayah b. politik c. pertahanan dan keamanan d. kesatuan ekonomi 10.Menjaga nama baik bangsa dan negara merupakan perwujudan pembelaan bang- sa dan negara yang dapat kita lihat dalam tindakan a. selalu menggunakan produk luar negeri b. selalu mengadakan wisata ke luar negeri c. berkompetisi di bidang olahraga d. mau menjadi warga negara asing 11. Wujud partisipasi siswa dalam usaha bela negara dapat dilakukan melalui a. Milsuk, Wamil, dan Organisasi Pertahanan Wilayah b. Satpam, Satgas, dan Milsuk c. Hansip, Satpam, dan preman d. PMR, PMI dan Tim SAR 12.Salah satu hal yang menjadi alasan demografis tentang pentingnya usaha pembelaan negara adalah.... a. Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia b. Indonesia terletak pada posisi silang dunia c. wilayah Indonesia sangat strategis d. Indonesia memiliki sumber daya alam yang melimpah 13. Alasan historis pentingnya usaha pembelaan negara seperti berikut, kecuali .... a. Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia b. Indonesia pernah dijajah oleh bangsa asing lebih kurang tiga setengah abad lamanya c. kemerdekaan Indonesia berkat kegigihan perjuangan seluruh rakyatnya d. sejak dahulu banyak negara yang ingin menguasai Indonesia 14. Ancaman terhadap keutuhan Negara Ke- satuan Republik Indonesia yang berasal dari luar negeri seperti berikut, kecuali a. agresi berupa penggunaan kekuatan bersenjata oleh negara lain terhadap kedaulatan negara b. pemberontakan bersenjata c. aksi teror bersenjata yang dilakukan oleh teroris internasional d. disintegrasi bangsa, melalui gerakan- gerakan separatis 15.Nilai-nilai yang terdapat dalam Pancasila, Proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945 dan UUD 1945 merupakan nilai dasar dari jiwa dan semangat 45. Nilai-nilai 45 lahir dan berkembang dalam perjuangan bangsa Indonesia dan merupakan daya dorong mental spiritual yang kuat untuk mencapai kemerdekaan adalah a. nasionalisme b. chauvinisme c. mudah menyerah d. diskriminasi 16.Generasi muda adalah generasi penerus enbangsa yang memiliki semangat, penuh rasa ingin tahu dan senantiasa menggebu- gebu untuk berjuang karena kelak. melanjutkan cita-cita bangsanya. Namun, semangat generasi muda juga dapat luntur dan hancur. Salah satu faktor penyebab lunturnya semangat kebangsaan generasi muda adalah a. munculnya rasa iri sebagian masyarakat terhadap para publik figur b. kurangnya keteladanan dari para pejabat negara di masyarakat c. tingginya semangat untuk memperlihatkan kekayaan pribadi d. rendahnya kemampuan seseorang mengendalikan keinginannya

6

0.0

Jawaban terverifikasi

1.Jelaskan dinamika perkembangan Pancasila sejak diperkenalkan sebagai dasar negara Indonesia hingga saat ini. Apa faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan dan evolusi nilai-nilai Pancasila? 2. Bagaimana Pancasila menghadapi tantangan dan perubahan sosial- politik dalam konteks Indonesia yang semakin global dan multikultural? Berikan contoh konkret untuk mendukung argumen Anda. 3. Apa yang dimaksud dengan "ideologi terbuka" dan bagaimana ideologi ini berkaitan dengan Pancasila? Jelaskan prinsip-prinsip dasar ideologi terbuka dan bagaimana hal itu mencerminkan dinamika perkembangan Pancasila. 4. Sejauh mana Pancasila dapat mengakomodasi aspirasi dan kebutuhan masyarakat yang beragam di Indonesia? Jelaskan pandangan Anda dengan mengacu pada nilai-nilai Pancasila dan prinsip ideologi terbuka. 5. Dalam konteks globalisasi dan arus informasi yang cepat, bagaimana Pancasila dan ideologi terbuka dapat memainkan peran penting dalam membangun identitas nasional yang kuat dan menghadapi tantangan eksternal? 6. Diskusikan peran pemuda dalam mempromosikan dan menerapkan nilai-nilai Pancasila dan ideologi terbuka dalam kehidupan sehari- hari. Apa tantangan yang dihadapi oleh pemuda dalam memahami dan mengamalkan prinsip-prinsip tersebut? 7. Bagaimana peran pendidikan dalam memperkuat pemahaman dan penerapan Pancasila serta ideologi terbuka di kalangan generasi muda? Apa strategi yang dapat dilakukan dalam sistem pendidikan untuk mencapai hal ini? 8. Jelaskan bagaimana Pancasila dan ideologi terbuka dapat menjadi landasan yang kuat untuk mencapai inklusi sosial, keadilan, dan kemajuan dalam masyarakat Indonesia. Berikan contoh konkret untuk mendukung argumen Anda. 9. Diskusikan tantangan dan konflik yang muncul ketika nilai-nilai Pancasila dan ideologi terbuka bertentangan dengan kepentingan politik atau kepentingan sektarian. Bagaimana cara mengatasi konflik semacam itu dan memperkuat komitmen terhadap prinsip-prinsip tersebut?

3

0.0

Jawaban terverifikasi