Iklan

Iklan

Alifia M

07 September 2021 02:08

Pertanyaan

Bahasa Indonesia sebenarnya mampu menjadi bahasa kedua ASEAN setelah bahasa Inggris. Ada banyak negara ASEAN yang menggunakan bahasa Indonesia di negaranya. Sebut saja Malaysia, Singapura, dan Brunei Darusalam yang sudah menjadikan bahasa Indonesia sebagai bahasa sehari-hari. Selain itu di Vietnam, bahasa Indonesia memiliki kedudukan yang sama dengan bahasa Inggris. Bahkan, di Australia, bahasa Indonesia dijadikan sebagai mata pelajaran di sekolah-sekolah setingkat SMP dan SMA. Jadi, sudah sewajarnya bahasa Indonesia dijadikan sebagai bahasa internasional di kawasan ASEAN. Kutipan tersebut dalam teks eksposisi terdapat pada bagian.... a. pernyataan pendapat b. pernyataan umum c. argumentasi d. penegasan ulang pendapat e. kesimpulan


14rb+

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

W. Wahyuni

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Makassar

07 September 2021 16:02

Jawaban terverifikasi

Kelas: 10 Topik: Teks Eksposisi Hai Alifia M. Terima kasih sudah bertanya di Roboguru. Teks eksposisi adalah paragraf atau karangan yang memuat sejumlah informasi dan pengetahuan dengan penyajian yang lebih singkat, padat, dan akurat. Tujuan teks eksposisi ialah untuk memaparkan atau menjelaskan informasi-informasi tertentu sehingga apa yang dijelaskan haruslah bersifat ilmiah. Struktur teks eksposisi terdiri atas (1) tesis yang berisi sudut pandang penulis terhadap permasalahan yang akan dibahas; (2) argumentasi, yakni sejumlah fakta atau data yang menjadi bukti dan alasan untuk memperkuat pandangan yang telah dijelaskan pada bagian tesis; dan (3) penegasan ulang berupa pernyataan akhir atau simpulan untuk menegaskan kembali seluruh argumentasi terkait tesis yang telah dikemukakan sebelumnya. Kutipan teks di atas memuat beberapa data faktual yang mendukung tesis penulis terkait potensi bahasa Indonesia sebagai bahasa internasional. Penjelasan pada kutipan teks di atas termasuk pada bagian argumentasi teks eksposisi. Dengan demikian, jawaban yang benar adalah pilihan C.


Iklan

Iklan

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Cabai rawit merupakan salah satu komoditas pilihan untuk usaha tani komersial. Posisi cabai rawit cenderung makin penting dalam pola konsumsi makanan yaitu sebagai sayuran atau bumbu masakan sehari-hari. Hal ini memberi indikasi bahwa cabai rawit memiliki peluang pasar yang makin luas baik untuk memenuhi permintaan konsumsi rumah tangga dan industri dalam negeri maupun sasaran ekspor (Rukmana, 2002). Kesukaan masyarakat Indonesia terhadap cabai terbukti dengan kebutuhan per kapita terhadap cabai yang berada pada kisaran 3 kg/kapita/tahun (data diolah dari berbagai sumber). Apabila jumlah penduduk Indonesia sebanyak 250 juta, berarti per tahunnya dibutuhkan sebanyak 750.000 ton. Jumlah sebesar ini diduga belum dapat dipenuhi oleh produksi dalam negeri terutama pada beberapa tahun terakhir ini. Di sisi lain, permintaan cabai meningkat seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk dan kesejahteraan masyarakat (Warisno dan Dahana, 2010). Sumber: https://web.archive.org/web/20210826220848/http://eprints.ums.ac.id/, diakses 1 September 2021 Judul yang sesuai dengan teks karya ilmiah tersebut adalah .... a. "Varietas Tanaman Cabai yang Dikembangkan di Indonesia" b. "Kebutuhan Cabai Rawit bagi Masyarakat Indonesia" c. "Pengaruh Sinar Matahari terhadap Hasil Panen Tanaman Cabai" d. "Cara Menanam Cabai yang Sesuai dengan Iklim di Indonesia" e. " Faktor-Faktor yang Memengaruhi Pertumbuhan Tanaman Cabai"

17

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan