Salmi S

04 April 2020 11:51

Iklan

Iklan

Salmi S

04 April 2020 11:51

Pertanyaan

bagaimanakah proses terbentuknya urine


1

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

N. Oki

28 Januari 2022 02:51

Jawaban terverifikasi

Halo Salmi, Kakak bantu jawab ya n_n Proses pembentukan urine terdiri dari tiga tahap, yaitu tahap penyaringan (filtrasi), penyerapan kembali (reabsorpsi), dan pengeluaran zat (augmentasi). Ketiga proses ini terjadi di dalam ginjal. 1.Filtrasi atau penyaringan. Pada proses ini, darah kita akan di saring dalam glomerulus ginjal yang berupa untaian kapiler yang bertautan dengan kapsula bowman. Hasil dari penyaringan yang dilakukan adalah berupa urine primer atau filtrat glomerulus yang mengandung air, glukosa, klorida, kalium, natrium, urea, fosfat, kreatinin, dan asam urat. 2.Setelah urine primer dihasilkan, proses selanjutnya adalah tahap reabsorpsi atau penyerapan kembali. Jadi, pada tahap ini akan ada penyerapan kembali terhadap zat-zat yang masih dibutuhkan tubuh dan kemudian zat-zat tersebut dimasukkan kembali ke dalam darah. Tahap reabsorpsi terjadi di tubulus kontortus proksimal dan lengkung henle yang kemudian menghasilkan urine sekunder. 3.Tahap akhir dari pembentukan urine adalah augmentasi atau pengeluaran zat-zat yang tidak diperlukan tubuh. Selain itu, pada tahap ini juga masih terjadinya penyerapan kembali terhadap air, garam, dan urea yang akan menghasilkan urine sebenarnya. Tahap augmentasi terjadi pada bagian tubulus kontortus distal dan tubulus kolektivus sebagai tempat penyimpanan urine sementara. Semoga jawabannya membantu ya, semangat !


Iklan

Iklan

Kim J

04 April 2020 13:41

melalui ginjal yg dimana berfungsi untuk pengeluaran sisa metabolisme yg berbentuk urine yg mengandung air,urea,dan garam mineral. yg pertama yaitu melalui konteks yg terdapat badan malpighi dan kapsul bowman yg disana terjadi penyaringan lalu menuju kontortus proksimal terjadi penyerapan kembali zat yg masih bermanfaat lalu menuju kontortus distal yaitu penambahan zat yg dianggap berbahaya didalam tubuh lau ke tubulus kolektivus lalu ke rongga ginjal setelah itu baru ke kandung kemih


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Mengapa saat masuk dalam rumah setelah melihat cahaya matahari yang terang, untuk beberapa saat mata kita tidak dapat melihat ?

3

0.0

Jawaban terverifikasi