Nabilah K

05 Mei 2024 13:57

Iklan

Iklan

Nabilah K

05 Mei 2024 13:57

Pertanyaan

bagaimana proses sirkulasi dari panas matahari yang sampai di permukaan bumi

bagaimana proses sirkulasi dari panas matahari yang sampai di permukaan bumi


3

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

J. SIREGAR

06 Mei 2024 05:34

Jawaban terverifikasi

<p>Jawabannya adalah melalui proses radiasi, dimana panas matahari merambat tanpa ada medium.</p><p>&nbsp;</p><p>Panas matahari dapat sampai ke bumi dikarenakan terjadinya perambatan panas dengan cara radiasi dari matahari menuju bumi.</p><p>Perpindahan panas secara radiasi merupakan metode perpindahan panas yang tidak memerlukan medium</p>

Jawabannya adalah melalui proses radiasi, dimana panas matahari merambat tanpa ada medium.

 

Panas matahari dapat sampai ke bumi dikarenakan terjadinya perambatan panas dengan cara radiasi dari matahari menuju bumi.

Perpindahan panas secara radiasi merupakan metode perpindahan panas yang tidak memerlukan medium


Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

07 Mei 2024 03:33

Jawaban terverifikasi

<p>Proses sirkulasi panas matahari yang sampai ke permukaan bumi melibatkan beberapa mekanisme dan konsep fisika. Berikut adalah proses sirkulasi panas matahari yang terjadi:</p><p><strong>Radiasi Matahari</strong>: Panas matahari dipancarkan ke luar angkasa dalam bentuk radiasi elektromagnetik. Sebagian besar energi matahari berada dalam bentuk sinar matahari yang terdiri dari berbagai panjang gelombang, termasuk sinar inframerah, cahaya tampak, dan sinar ultraviolet.</p><p><strong>Penyerapan Radiasi Matahari</strong>: Sebagian besar sinar matahari yang mencapai atmosfer Bumi diserap oleh permukaan Bumi. Tanah, air, dan benda-benda lain di permukaan Bumi menyerap panas dari sinar matahari dan memanaskannya.</p><p><strong>Konduksi</strong>: Setelah diserap oleh permukaan Bumi, panas tersebut dihantarkan melalui konduksi, yaitu transfer panas melalui kontak langsung antara partikel-partikel zat. Misalnya, panas yang diserap oleh tanah akan dikonduksikan ke lapisan-lapisan tanah yang lebih dalam.</p><p><strong>Konveksi</strong>: Proses konveksi terjadi ketika udara atau air dipanaskan dan kemudian naik ke atas karena menjadi kurang padat. Ini menciptakan aliran udara atau air panas yang naik (arus konvektif) yang membawa panas ke atmosfer atas dan membantu mengatur suhu global.</p><p><strong>Radiasi Kembali ke Atmosfer</strong>: Setelah panas diserap oleh permukaan Bumi, sebagian besar panas tersebut kemudian dipancarkan kembali ke atmosfer dalam bentuk radiasi inframerah. Ini adalah bagian dari efek rumah kaca alami yang mempertahankan suhu Bumi dalam kisaran yang layak untuk kehidupan.</p><p><strong>Aliran Udara</strong>: Panas yang diserap oleh permukaan Bumi juga menyebabkan perbedaan suhu yang menciptakan aliran udara. Udara panas naik ke atas, sementara udara dingin menuruni permukaan Bumi untuk menggantikannya. Proses ini menciptakan sirkulasi udara vertikal dan horizontal yang membawa panas ke berbagai wilayah di Bumi.</p>

Proses sirkulasi panas matahari yang sampai ke permukaan bumi melibatkan beberapa mekanisme dan konsep fisika. Berikut adalah proses sirkulasi panas matahari yang terjadi:

Radiasi Matahari: Panas matahari dipancarkan ke luar angkasa dalam bentuk radiasi elektromagnetik. Sebagian besar energi matahari berada dalam bentuk sinar matahari yang terdiri dari berbagai panjang gelombang, termasuk sinar inframerah, cahaya tampak, dan sinar ultraviolet.

Penyerapan Radiasi Matahari: Sebagian besar sinar matahari yang mencapai atmosfer Bumi diserap oleh permukaan Bumi. Tanah, air, dan benda-benda lain di permukaan Bumi menyerap panas dari sinar matahari dan memanaskannya.

Konduksi: Setelah diserap oleh permukaan Bumi, panas tersebut dihantarkan melalui konduksi, yaitu transfer panas melalui kontak langsung antara partikel-partikel zat. Misalnya, panas yang diserap oleh tanah akan dikonduksikan ke lapisan-lapisan tanah yang lebih dalam.

Konveksi: Proses konveksi terjadi ketika udara atau air dipanaskan dan kemudian naik ke atas karena menjadi kurang padat. Ini menciptakan aliran udara atau air panas yang naik (arus konvektif) yang membawa panas ke atmosfer atas dan membantu mengatur suhu global.

Radiasi Kembali ke Atmosfer: Setelah panas diserap oleh permukaan Bumi, sebagian besar panas tersebut kemudian dipancarkan kembali ke atmosfer dalam bentuk radiasi inframerah. Ini adalah bagian dari efek rumah kaca alami yang mempertahankan suhu Bumi dalam kisaran yang layak untuk kehidupan.

Aliran Udara: Panas yang diserap oleh permukaan Bumi juga menyebabkan perbedaan suhu yang menciptakan aliran udara. Udara panas naik ke atas, sementara udara dingin menuruni permukaan Bumi untuk menggantikannya. Proses ini menciptakan sirkulasi udara vertikal dan horizontal yang membawa panas ke berbagai wilayah di Bumi.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Apa ciri-ciri enzim yang ada di gambar tersebut? Jelaskan!

0

0.0

Jawaban terverifikasi