Iklan

Iklan

Gusti A

04 September 2021 03:26

Pertanyaan

bagaimana perbedaan jumlah oksigen yang terlibat dalam pembakaran sempurna dan pembakaran tidak sempurna? mohon bantuannya segera ya kak🙏


83

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

J. Siregar

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Medan

05 September 2021 07:06

Jawaban terverifikasi

Halo Gusti A, semoga terbantu yaa. Soal Kimia kelas 11 SMA Topik : Hidrokarbon Pembakaran merupakan salah satu jenis reaksi kimia yang terjadi antara bahan bakar dan suatu oksidan. Pada proses pembakaran akan dihasilkan suatu produk tertentu dalam bentuk disertai dengan pelepasan energi panas (kalor). Pembakaran merupakan salah satu jenis reaksi eksoterm. Pada prosesya terjadai pelepasan kalor dari sistem menuju lingkungan. Pembakaran dapat diklasifikasikan menjadi dua jenis yaitu pembakaran sempurna dan tidak sempurana. 1) Pembakaran sempurna Pembakaran sempurna terjadi jika semua bahan yang dibakar dapat bereaksi secara keseluruhan dengan oksidannya. Pembakaran sempurna dapat terjadi jika oksidan yang digunakan cukup untuk dapat bereaksi dengan zat yang dibakar. Sebagai contoh pada pembakaran sempurna senyawa hidrokarbon akan dihasilkan gas CO₂ dan H₂O menurut reaksi berikut: C₃H₈ + 5O₂ → 3CO₂ + 4H₂O 2) Pembakaran tidak sempurna Pembakaran tidak sempurna terjadi jika oksidan yang digunakan tidak cukup untuk membakar keseluruhan bahan yang akan dibakar. Pada pembakaran ini akan dihasilkan residu berupa sisa zat yang dibakar. Sebagai contoh, pada pembakaran tidak sempurna senyawa hidrokarbon akan menghasilkan residu berupa karbon dan karbon monoksida. Berikut contoh reaksinya: 2C₃H₈ + 7O₂ → 2C + 2CO + 2CO₂ + 8H₂O Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa : 1. Pada pembakaran sempurna tersedia oksigen yang cukup sehingga tidak menimbulkan zat sisa. 2. Pada pembakaran tidak sempurna tersedia oksigen yang cukup sehingga menimbulkan zat sisa/residu biasanya berupa partikulat karbon (C) yang disebut jelaga.


Iklan

Iklan

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Diketahui : Cu2+ + 2e Cu Al3+ + 3e= Al E° = +0,34 volt E° =-1,66 volt Tentukan a Reaksi selnya b. Hitunglah E° selnya! C. Tuliskan notasi selnya !

45

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan