Santika U

16 Maret 2020 03:26

Pertanyaan

Bagaimana cara mengatasi ketimpangan sosial?


26

2

Jawaban terverifikasi

S. Wardhani

Mahasiswa/Alumni Universitas Tanjungpura

24 Desember 2021 03:19

Jawaban terverifikasi

Halo Santika, Kakak bantu jawab ya! Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi ketimpangan sosial antara lain dengan meningkatkan kualitas penduduk, pemerataan penduduk dan pembangunan, dan menciptakan lapangan pekerjaan dan peluang usaha. Berikut penjelasannya ya! Ketimpangan sosial merupakan ketidakseimbangan akses antarkelompok masyarakat untuk memperoleh dan memanfaatkan sumber daya yang tersedia. Ada pun upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ketimpangan sosial tersebut adalah sebagai berikut. 1. Peningkatan Kualitas Penduduk Peningkatan kualitas penduduk dapat dilakukan melalui beberapa usaha antara lain; - Memperbaiki kualitas pendidikan. - Meningkatkan fasilitas kesehatan, baik jumlah tenaga medis ataupun peningkatan pelayanan kesehatan. - Melakukan pemberdayaan kelompok di masyarakat, misalnya dengan memberikan penyuluhan atau pengarahan kepada masyarakat, membuat pelatihan atau kursus untuk membina keterampilan masyarakat. 2. Pemerataan Penduduk dan Pembangunan Pemerataan penduduk dilakukan untuk mencegah terjadinya kepadatan penduduk yang dapat mempengaruhi kesenjangan sosial. Adanya pemerataan penduduk juga harus diikuti oleh adanya pembangunan, sehingga tidak terjadi pembangunan yang terjadi di suatu titik saja. Perlu kita tau juga bahwa Indonesia telah mengesahkan perpindahan ibukota baru yang berada di Kalimantan. Hal ini merupakan salah satu langkah dalam rangka pemerataan pertumbuhan penduduk dan juga tentunya ekonomi masyarakat. 3. Menciptakan Lapangan Pekerjaan dan Peluang Usaha Jumlah penduduk yang besar tidak diimbangi dengan lapangan pekerjaan, sehingga banyak pengangguran. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, sebaiknya kita menciptakan peluang kerja dengan memanfaatkan kondisi lingkungan sekitar. Selain dengan menciptakan lapangan kerja baru, keadaan kemiskinan dan pengangguran diatasi dengan upaya menciptakan wirausaha secara massal. Hal ini bisa dilakukan dengan melaksanakan program padat karya dan UMKM kecil hingga menengah yang di support oleh pemerintah. Terima kasih sudah bertanya dan menggunakan Roboguru ya! Semoga membantu :)


Iklan

Lela Y

16 Maret 2020 09:33

1. mengutamakan pendidikan 2. menciptakan lapangan kerja dan meminimalkan kemiskinan 3. meminimalkan dan memberantas kkn dlm upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat 4. meningkatkan sistem keadilan diindonesia dan melakukan pengawasan yang ketat terhadap mafia hukum


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Chat Tutor

Pertanyaan serupa

munculnya perubahan didukung oleh be berapa faktor pendorong, sehingga perubahan sosial dapat terjadi di masyarakat. sebutkan lima faktor pendorong perubahan sosial?

67

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan