M Z

23 Februari 2020 11:30

Iklan

Iklan

M Z

23 Februari 2020 11:30

Pertanyaan

Bagaimana cara memahami tentang sejarah?


12

5

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

A. Andrian

Mahasiswa/Alumni Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

29 Desember 2021 12:54

Jawaban terverifikasi

Hallo M Z, Kakak bantu jawab. Memahami peristiwa sejarah dapat dilihat dalam cara berpikir Diakronik dan Sinkronik. Untuk lebih jelasnya, yuk pahami pembahasan berikut ini. Sejarah merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari peristiwa masa lampau, dengan bukti sejarah, peninggalan, pelaku sejarah sendiri yang menceritakan peristiwa yang terjadi, dan sebagainya. Dalam memahami sejarah, ada dua konsep berpikir untuk mengkaji sebuah peristiwa sejarah, yaitu Sinkronik dan Diakronik. 1. Cara berpikir Diakronik dengan cara memahami pembagian atau pembabakan sejarah berdasarkan kronologi urutan peristiwa sejarah tersebut. Dimana, kita memhami sejarah dalam lintas waktu yang urut dan teratur, mengalami proses sebab-akibat, dan saling mempengaruhi satu sama lain. Contohnya adalah perkembangan masa praaksara dan masa aksara, dimana manusia terus mengalami proses evolusi yang teratur. 2. Cara berpikir Sinkronik adalah memahami peristiwa sejarah dengan spesifik dan mendalam, namun terbatas dalam waktu. Pembahasan sejarah dalam sinkronik biasanya bersifat sistematis dan horizontal. Contohnya adalah memahami keadaan atau suasana pembacaan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Semoga membantu ya.


Iklan

Iklan

Ezza T

24 Februari 2020 09:33

yaitu dengan membaca kembali kisah"tentang prasejarah,yang di mana kita harus mengetahui bahwa pahlawan yang memperjuangkan kemerdekaan itu memerlukan kekuatan yang amat,sangat,kuat,agar mendapatkan kemerdekaan itu.


Zahra W

24 Februari 2020 11:55

Dengan membaca arti sejarah dan menjaga sejarah tersebut dengan cara menghargai jasa para pahlawan yang sudah berjuang untuk memberikan kemerdekaan,sebagai pelajar kita harus belajar sungguh sungguh dan mengingat sejarah para pahlawan.


Sekar A

25 Februari 2020 09:28

dengan belajar tentang pengertian sejarah dan menjaga sejarah itu sendiri. belajar sejarah bisa dari buku atau dari handphone seperti zaman sekarang bisa dari ruang guru


Mulky N

25 Februari 2020 12:11

pelajari sejarah di bidang yang kamu minati lalu dalami ilmu sejarh itu, itu akan menjadi mudah untuk belajar sejarah! dan juga pakai cara untuk memamhi pelajran sejarah di bidang yang kamu belum paham.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

apa yang dimaksud masa pra aksara?

1

0.0

Jawaban terverifikasi